Air Dohot, Minuman Khas Lingga yang Kian Langka

  • Share

AIR DOHOT, agak aneh ya namanya. Meskipun memiliki nama yang agak lain, namun tidak dengan cita rasa minuman khas dari Lingga ini.

Air Dohot memiliki rasa dan isi yang unik. Sebab, air ini terdiri dari beberapa buah yang dikeringkan, seperti buah dohot kering, kelengkeng kering, hingga kismis kuning.

Buah lohot sendiri memiliki warna merah dan daging yang manis, rasa dan teksturnya mirip dengan kurma. Buah-buahan tersebut kemudian dicampurkan ke dalam air yang telah diberi gula batu. Sehingga warnanya menjadi coklat dan terasa begitu manis. Kini, air lohot bisa dicampur dengan es batu untuk menambah kesegarannya.

Air dohot sangat dekast dan lekat dengan salah satu kabupaten di Kepulauan Riau yaitu Lingga. Tak aneh, karena air dohot memang minuman khas dari sana.

Pengunjung yang datang ke Lingga, jika beruntung bisa mencicipi air ini. Sebab, air ini tak akan bisa ditemukan di daerah lain. Termasuk di kabupaten lain di Kepulauan Riau sekalipun. Konon, air dohot adalah minuman yang disajikan untuk raja-raja di tanah Melayu.

Bagi yang belum pernah mencoba, air dohot terasa menyentak lidah ketika masuk ke dalam mulut. Minuman ini terbilang langka. Nyaris Tidak ada yang menjual air dohot. ***

Baca Juga   Hangatkan Tubuh dengan Sekoteng Singapura
  • Share