Gohu Ikan, Sashimi dari Morotai

  • Share

JIKA ANDA tengah berwisata ke Pulau Morotai, Anda juga harus mencoba kulinernya. Ada beberapa makanan khas dari pulau yang terletak di utara Pulau Halmahera, Provinsi Maluku Utara ini yang menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun internasional.

Nyaris semua orang kenal akan sashimi, makanan dari ikan yang dimakan mentah ala Jepang. Tetapi barangkali tidak banyak yang tahu, Ternate pun punya sashiminya sendiri. Namanya Gohu Ikan. Harus disebutkan lengkap dengan kata ikannya. Pasalnya, ada juga Gohu yang artinya asinan papaya muda, yang juga tak kalah terkenalnya di sana.

Gohu Ikan khas Ternate dibuat dari ikan tuna atau cakalang mentah. Masyarakat setempat umumnya memasak Gohu Ikan dari cakalang yang dipotong seukuran dadu. Potongan ikan dicuci bersih, kemudian dilumuri garam dan perasan lemon cui (semacam jeruk nipis berukuran kecil yang bagian dalamnya berwarna kuning-jingga), dan dicampur daun balakama (kemangi) agar berbau harum.

Sementara ikan didiamkan sebentar, pembuat Gohu Ikan akan menumis rajangan bawang merah dan cabai dengan sedikit minyak kelapa. Minyak kelapa panas dengan rajangan bawang merah dan cabe rawit ini yang kemudian dituangkan ke potongan ikan cakalang mentah. Setelah diaduk sebentar dengan minyak dan rajangan panas itu, potongan cakalang yang semula berwarna merah segar agar berubah memutih. Rasanya asam, pedas dan segar, jauh lebih nikmat dibanding sashimi.

Gohu Ikan biasa dimakan sebagai lauk pendamping nasi atau pupeda (papeda di Maluku dan Papua), yakni sagu encer yang lebih mirip lem kanji. Agar tak lengket, pupeda umumnya disantap dengan kuah soru bening dan bercita rasa asam – pedas. Rasanya nikmat, dengan aroma ikan hangus dari ikan asap yang menjadi campuran pentingnya.***

Baca Juga   Toek, Kuliner Ekstrim Bumi Sikerei
  • Share