Pantai Batu Nenek Destinasi Menawan Bumi Sambas

  • Share

DATANGLAH ke Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, di sana ada sebuah destinasi wisata dengan nama yang unik yaitu Pantai Batu Nenek. Meski namanya terkesan aneh, namun percayalah destinasi yang berbatasan langsung dengan Malaysia ini disebut-sebut sebagai surga tersembunyi yang baru saja ditemukan.

Ciri khas dari objek wisata pantai di Sambas satu ini adalah batuan granit setinggi pohon kelapa yang tersebar di pantai ini. Panorama ini tentu mengingatkan kita akan pantai Tanjung Tinggi yang menjadi lokasi pengambilan film Laskar Pelangi di Bangka Belitung.

Berkunjung ke objek wisata di Sambas satu ini, pastikan kamu menyiapkan kamera terbaik. Sebab, pantai Batu Nenek memiliki banyak spot foto menarik. Belum lagi, saat air laut sedang surut, kamu bisa menjelajah jauh ke tengah pantai untuk mengeksplorasi keindahan karang laut dan binatang laut yang terjebak di bebatuan.

Sama seperti Pantai Temajuk, di sini kita juga bisa mengunjungi tempat konservasi penyu hijau dan penyu sisik. Pengalaman yang menarik, bukan?

Nah, karena pantai ini berbatasan langsung dengan Laut Natuna, kamu akan sering menjumpai nelayan yang hendak berangkat atau pulang dari melaut. Jangan lupa juga untuk menyempatkan waktu mencicipi hidangan laut hasil tangkap para nelayan di berbagai warung makan yang berada di sekitar destinasi wisata di Sambas satu ini.

Tertarik singgah ke Pantai Batu Nenek? Lokasi objek wisata di Sambas satu ini berada di Temajuk, Paloh, Kabupaten Sambas. Untuk menuju ke lokasi kamu harus berjuang karena akses menuju lokasi masih sangat terbatas. Jalan yang harus dilalui belum sepenuhnya beraspal, jadi dibutuhkan keahlian khusus untuk berkendara melintasi jalan.

Dari Kota Sambas kita mesti menyebrang terlebih dahulu di Penyebrangan Telok Karong Sekura. Biaya untuk satu kali menyebrang sebesar Rp10.000 untuk satu motor. Penyebrangan bisa dipilih dengan menggunakan kapal Ferry atau kapal kecil bermesin. Setelahnya sampai di Desa Temajuk, perjalanan kembali dilakukan dengan kembali menyebrang di Ceremai Kecamatan Paloh. Kemudian dilanjutkan perjalanan darat untuk sampai ke Pantai Batu Nenek. ***

Baca Juga   Lompong Sagu, Kue Khas Minang yang Mulai Langka

 

  • Share