Tahu Gak Guys, 9 Negara Ini Tak Miliki Laut Tapi Punya Angkatan Laut!

  • Share

DALAM hubungan internasional, kekuatan militer merupakan instrumen yang sangat penting untuk bisa tetap menjaga eksistensi dan kedaulatan suatu negara. Dengan militer pula, setiap negara bisa melakukan kerja sama strategis yang sangat luas agar lebih disegani secara global.

Meskipun tidak memiliki wilayah laut (landlocked), sejumlah negara ini tetap memiliki pasukan angkatan laut sebagai bagian dari alat pengamanan negara.

1. Laos

Laos adalah satu-satunya negara ASEAN yang tidak memiliki wilayah laut. Meskipun begitu, Laos tetap memiliki pasukan angkatan laut dengan sebutan Lao People’s Navy (LPN).

LPN mengoperasikan sejumlah kapal mereka di sepanjang Sungai Mekong yang merupakan wilayah penting negara karena menjadi pembatas antara Laos dengan Thailand, Kamboja, hingga China.

2. Uganda

Negara di benua Afrika ini juga memiliki angkatan laut meski tidak memiliki wilayah laut. Angkatan Laut Uganda atau Uganda People’s Defence Force Marine Wing bertugas di wilayah Danau Victoria yang berbatasan dengan Kenya dan Tanzania.

3. Rwanda

Rwanda Defence Force saat ini mengoperasikan angkatan laut dalam jumlah kecil di Danau Kivu. Danau Kivu merupakan titik penting yang menjadi bagian dari Rwanda dan Republik Demokratik Kongo.

4. Republik Afrika Tengah

Angkatan laut dalam jumlah kecil dimiliki Republik Afrika Tengah untuk menjaga Sungai Ubangi yang merupakan anak Sungai Kongo. Sungai tersebut menjadi titik perbatasan dengan Republik Demokratik Kongo.

5. Paraguay

Di wilayah Amerika Selatan, Paraguay jadi salah satu negara yang tidak memiliki wilayah laut. Angkatan Laut Paraguay memiliki cukup banyak kapal serta personel yang ditugaskan di berbagai aliran sungai utama negara tersebut.

Angkatan laut Paraguay ini juga mampu mencapai laut dengan melakukan perjalanan melalui Argentina. Angkatan laut Paraguay juga sempat bertugas dalam Perang Paraguay dan Perang Chaco.

Baca Juga   Guys, Ini Dia 7 Kota Terpanas di Indonesia

6. Bolivia

Masih dari kawasan Amerika Selatan, Bolivia juga jadi salah satu negara yang memiliki angkatan laut meski tidak memiliki wilayah laut.

Pada tahun 1963, pemerintah Bolivia membentuk angkatan laut kecil ini untuk berpatroli di sepanjang Sungai Titicaca dan sejumlah aliran sungai besar lainya.

7. Azerbaijan

Azerbaijan mengoperasikan angkatan lautnya di kawasan Danau Laut Kaspia bersama dengan sejumlah negara lain yang berbatasan di wilayah tersebut.

8. Kazakhstan

Kazakhstan jadi negara yang memiliki angkatan laut meski tidak memiliki wilayah laut yang berada di sekitar Laut Kaspia. Sama seperti Azerbaijan, angkatan laut Kazakhstan juga memiliki tugas patroli di wilayah perbatasan di Laut Kaspia.

9. Turkmenistan

Negara terakhir dalam daftar ini adalah Turkmenistan. Negara ini juga memiliki angkatan laut yang bertugas di Laut Kaspia seperti Azerbaijan dan Kazakhstan.

 

 

 

 

 

  • Share