Pulau Peucang, Surga Kecil di Tepian Ujung Kulon

  • Share
OLYMPUS DIGITAL CAMERA

UJUNG KULON Banten adalah tempat wisata yang bisa membuat anda merasa jadi explorer sejati. Disana banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan. Anda bisa snorkeling, tracking, canoeing, jelajah pulau, jelajah laut, dan melihat keindahan alam di Ujung Kulon. Surga terpencil wisata Pulau Peucang juga sangat menjadi incaran banyak wisatawan. Ada apa saja di Pulau Peucang?

Wisata alam Pulau Peucang sangat menarik dan membuat orang yang mengunjunginya merasa candu. Pulau ini dikelilingi oleh hamparan pasir putih di pinggir pantai, air biru yang jernih, dan terumbu karang cantik mempesona.

Ujung Kulon ditetapkan sebagai taman nasional, tentu saja areanya sangat luas dan tidak dihuni oleh masyarakat umum. Alam yang indah berkembang secara alamiah tanpa campur tangan manusia sehingga memiliki daya tarik tersendiri. Banyak wisatawan yang tertarik dan ingin melihat keindahan taman Ujung Kulon secara langsung.

Pulau Peucang adalah salah satu tempat yang harus anda kunjungi saat berlibur di Taman Nasional Ujung Kulon. Wisatawan memilih Pulau Peucang untuk mencari penginapan saat mereka berlibur ke Ujung Kulon Banten.

Pulau seluas 450 hektar ini dihuni beragam satwa liar. Sebut saja rusa, kera ekor panjang, babi hutan, dan banyak satwa liar lainnya. Karena pertumbuhan satwa herbivora yang sangat baik, kemungkinan terdapat satwa predator sangat kecil. Namun, hewan yang paling menonjol di pulau ini adalah kijang.

Sesuai dengan namanya, Pulau Peucang memiliki arti Pulau Kijang jika diterjemahkan dari bahasa Sunda. Uniknya, ada satu pohon yang selamat dari pukulan letusan Gunung Krakatau, yaitu pohon ara. Diperkirakan pohon ini sudah berumur satu abad. Pohon yang spektakuler ini sangat besar. Bahkan diameternya sama dengan lingkaran yang dibuat oleh 30 orang manusia dewasa.

Baca Juga   Barongko Si Manis Lembut Kuliner Khas Raja Bugis

Pulau yang cukup luas ini menyimpan sejuta keindahan. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di pulau ini. Wisata Pulau Peucang selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun asing. Dengan merogoh kantong sebesar Rp 2.500.000 per orangnya, anda sudah bisa mengunjungi kawasan ini.

Yang paling terkenal dari pulau ini adalah adanya Amazon mini yang bisa dinikmati keindahannya. Jika anda adalah pecinta keindahan alam Indonesia, anda harus menyambangi surga kecil Pulau Peucang.

Bangunan di Pulau Peucang memang tidak banyak. Hal ini bermaksud agar tetap menjaga unsur alam yang ada di sana. Penginapan di Pulau Peucang hanya berbentuk rumah panggung sederhana yang bisa menampung para wisatawan yang datang berkunjung.

Disana terdapat satu bangunan Posko Balai Taman Nasional Ujung Kulon yang mengawasi Pulau Peucang dan pusat informasi Taman Ujung Kulon.

Karena pulau ini tak berpenghuni, maka tidak ada warung besar disana ataupun rumah warga. Nuansa yang masih asri sangat pas jika memasak makanan saat berlibur disana. Terkadang banyak hewan liar yang berlalu lalang di depan penginapan.

Pulau Peucang berada di posisi terpencil sehingga susah terjangkau sinyal operator seluler. Tempat ini benar-benar bisa membuat anda merasakan kehangatan berlibur tanpa dihantui bermain HP sepanjang jalan.

Namun, siapa yang peduli? Mana sempat wisatawan sibuk bermain HP saat disana. Mereka pasti akan sibuk melihat keindahan alam yang menakjubkan. Aroma khas laut tercium di pulau ini. ***

 

  • Share