Serbat Kweni, yang Nikimat yang Khas dari Lampung

  • Share

BERKUNJUNG ke Provinsi Lampung, kurang lengkap jika tidak mencoba jajanan kuliner khasnya yang enak dan nagih. Sebut saja seruit, makanan khas Lampung yang berbahan dasar ikan yang digoreng atau dibakar dan dicampur dengan sambal terasi, mangga atau tempoyak. Olahan satu ini bercita rasa khas pedas. Biasanya seruit dihidangkan bersama minuman khas Lampung Serbat Kweni sebagai penawar pedas yang memberikan rasa segar saat diminum.

Sayangnya selain masyarakat Lampung, minuman khas ini masih belum banyak yang mengenalnya. Hal itu lantaran serbat lebih sering disajikan sebagai minuman khusus saat berkumpul, dan masih jarang ditemukannya minuman serbat di rumah-rumah makan dan restoran. Seperti namanya, Serbat Kweni berbahan utama buah kweni. Jika Anda belum tahu apa itu buah kweni, mari berkenalan dengan buah bercita rasa manis dan asam ini!

Dikenal dengan nama Magifera Odorata, satu jenis dengan buah mangga yang memiliki ciri khas buah berwarna kuning dan oranye. Ciri lain dari buah ini yaitu aromanya yang menyengat segar, struktur serat dagingnya lebih lembut dan halus jika dibandingkan dengan buah mangga. Kweni memiliki cita rasa manis sedikit asam.

Kweni banyak diminati oleh khalayak ramai karena memiliki kandungan serat, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, kalsium, zat besi dan fosfor. Disamping itu juga, buah kweni memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaat dari buah kweni, diantaranya sebagai anti kanker, melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan mata, meningkatkan sistem imun dan lain sebagainya.

Buah kweni dijadikan sebagai bahan utama membuat minuman serbat karena memiliki perpaduan rasa manis dan asam. Sehingga sangat segar dan dapat meredakan rasa eneg setelah mengkonsumsi seruit atau setelah makan besar. Jika sedang tidak berada di Lampung tapi ingin mencicipi rasa Serbat Kweni, Anda bisa membuatnya sendiri loh di rumah!

Baca Juga   Lepaskan Dahaga dengan Es Ie Boh Timon

Sebelum membuat es serbat, Anda harus menyiapkan buah kweni yang sudah matang dan bagus. Hal ini dimaksudkan agar minuman yang dibuat terasa segar dan nikmat. Langkah pertama, perhatikan kondisi fisik buah, kemudian perhatikan tingkat kematangan buah dan aromanya. Buah kweni yang sudah matang akan beraroma harum menyengat dan warna kulitnya pun lebih hijau kekuning-kuningan.

Tidak ada salahnya jika ingin membuat serbat di rumah. Bahan yang diperlukan mudah dicari dan tidak membutuhkan waktu lama dalam pembuatannya.

Bahan :

3 buah mangga kweni, potong dadu
4 sdm biji selasih, rebus
250 ml air
250 ml air gula
Cara Membuat :

Siapkan blender, haluskan sebagian buah kweni dan tambahkan air gula.
Siapkan gelas, letakkan potongan buah kweni dan beberapa es batu, lalu tuangkan jus kweni yang telah dibuat tadi kemudian tambahkan biji selasih. Minuman pun siap dihidangkan.

Cara membuat minuman serbat khas Lampung ini memiliki beberapa versi. Menurut versi lain, bahan yang perlu disiapkan yaitu buah kweni, air putih, gula aren dan jahe. Cara mengolahnya, rebus gula aren dan jahe dengan air putih sampai mendidih, kemudian kupas buah kweni potong dadu atau bisa diserut. Campurkan air gula aren dan jahe dengan buah kweni yang telah dipotong, tambahkan beberapa es batu. Mudah, bukan? ***

 

  • Share