Sup Kodok? Ya, Swike Grobogan Jagonya

  • Share

KULINER Indonesia tak hanya kaya akan rempah. Kamu bakalan menemukan menu unik bin ajaib. Seperti di Purwodadi, Kabupaten Grobogan. Daging katak di sini diolah menjadi hidangan lezat bernama Swike. Lalu seperti apa bentuk dari kuliner khas Nusantara ini? Dan bagaimana juga cita rasanya? Yuk, simak ulasan Swike Khas Purwodadi berikut.

Siapa yang tak tahu Grobogan? Yap, kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal dengan kecap udangnya. Tak hanya itu, Grobogan juga memiliki kuliner istimewa yang jarang ditemukan di tempat lain. Namanya Swike yang merupakan sup dari paha katak. Bahannya memang sedikit unik, tapi banyak yang mengidolakan menu ini lho. Bahkan, tidak sedikit wisatawan dari luar kota yang penasaran dan ketagihan.

Untuk membuat hidangan ekstrem ini tidak memilih bahan sembarangan. Penjual Swike menggunakan katak hijau yang berhabitat di persawahan. Daging katak tersebut kemudian dicuci bersih kemudian diramu dengan bumbu tradisional khas Grobogan. Pilihan bumbu tersebut dipercaya sudah dipengaruhi masakan Tionghoa. Soal rasa tak perlu diragukan lagi.

Jahe, bawang putih, garam, dan lada menjadi bahan yang utaman dalam pembuatan Swike. Tak hanya itu, kehadiran tauco juga wajib untuk membuat rasa makin istimewa.

Bahan dasar pembuatan dari Swike ini merupakan hasil fermentasi kedelai hitam atau kuning dan larutan garam. Pemilihan kecap pun juga menjadi perhatian. Hingga saat ini, banyak penjual menu ini yang setia dengan kecap udang. Yap, kecap istimewa khas Purwodadi yang bertahan hingga saat ini.***

 

Baca Juga   Kupang Kraton Penggoyang Lidah Khas Pasuruan
  • Share