Es Buah Matoa, nan Menyegarkan dari Tanah Papua

  • Share

SALAH satu minuman khas Papua yang menyegarkan adalah Es Matoa. Resep es matoa ini di dominasi cita rasa asam, manis dan segar. Tak heran, es Matoa sangat menarik perhatian setiap wisatawan yang berkunjung ke wilayah yang berada di ujung timur nusantara ini.

Jika menikmati es Matoa di Papua, maka ada perpaduan buah Matoa dengan campuran bahan lainnya seperti kolang-kaling dan jelly yang dipadu dengan rempah pilihan khas Papua.

Es Matoa sendiri biasanya berisi campuran kolang kaling merah, agar-agar hijau, cincau hitam, biji selasih, biji pala, dan buah matoa khas Papua.

Kemudian diberi hiasan jeruk liamu dan daun pandan. Rasanya tak hanya enak, minuman khas Papua ini juga kaya manfaat untuk kesehatan. Mengonsumsi buah Matoa membuat daya tahan tubuh terjaga karena kaya akan vitamin A dan vitamin C.

Nah, untuk membuat es Matoa ini terlebih dahulu buang biji buah matoanya, ya. Simak resep lengkapnya berikut ini.

Bahan-bahan resep es Matoa khas Papua

Bahan sederhana yang perlu Anda siapkan adalah 10 buah matoa buang bijinya, 1 buah mangga manalagi, carica secukupnya, 2 sdm madu, dan sirup frambozen.

Kemudian sediakan tape ketan atau bisa diganti tape singkong, es batu, santan kental rebus yang sudah ditambahkan sedikit garam. Sebaiknya pakai santan untuk menghindari pencampuran buah dan susu

Langkah pembuatan es matoa yang asam, manis dan segar

Tahap pertama yang harus Anda lalukan yaitu potong buah mangga yang sudah dikupas. Rebus santan dengan api kecil tambahkan sedikit garam.

Tata es, pertama masukkan sirup lalu carica, mangga, dan matoa. Kemudian Tambahkan es batu, lalu tape terakhir siram santan dan madu.

Baca Juga   Wow, Segarnya Es Jagung Pontianak

Resep es Matoa sudah selesai dan es khas Papua ini siap disruput. Lebih nikmat jika minuman ini ditemani gorengan kesukaan Anda. Rasa manis, asam dan segar ini bikin ngiler loh. Selamat mencoba ya! ***

  • Share