Daerah  

Waduh, Pilwana Pilubang Dinilai Kong Kalikong

Avatar Of Teddy Chaniago
4. Walinagari Pilubang.jpg | Buliran.com

BuliranNews, PARIAMAN – Eskalasi politik di Nagari Pilubang, Kecamatan Sei Limau, Kabupaten Padang Pariaman, Sumbar mulai memanas. Meskipun proses Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) baru pada tahap menelurkan lima nama yang akan bersaing memperebutkan kursi orang nomor satu di sana, namun aroma kong kalikong sudah tercium dengan sangat jelas.

Sebab, dari lima nama yang “berhasil” masuk lima bersa yaitu : Irwan Kamil, Asrul, Alva Anwar, Wandi dan Ali Munir, kelimanya memiliki orang kuat di belakang. Sehingga mereka bisa masuk dengan mulus ke arena Pilwana.

Dari informasi yang didapat BuliranNews di lapangan, aroma itu mulai tercium dari masuknya Anton Niyus yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Nagari sebagai ketua panitia Pilwana. Selain itu, Anton Niyus juga memiliki kedekatan denganĀ  salah satu calon yaitu Irwan Kamil.

Akan halnya Asrul, merupakan keponakan dari Lukmansyah yang saat ini menjadi ketua Badan Musyawaragh Nagari Pilubang. Alva Anwar dan Wandi mendapat tempat berteduh di “ketiak” anggota DPRD Padang Pariaman. Sementara, nama terakhir yaitu Ali Munir setiap hari dilindungi oleh sesorang pula.

Proses pemilihan yang tak transparan ini, dikhawatirkan akan membuat perjalanan pemerintahan di nagari tersebut terganggu. Padahal dua orang tim penguji masing-masing, Herman yang saat ini menjabat kepala DPMD Kabupaten Padang Pariaman dan Arlis selaku Camat Sungai Limau, pastinya sudah tahu persoalan yang terjadi saat ini.

Baca Juga   Peran Aktif Suami Diperlukan dalam Perencanaan Persalinan