Pantai Kadidiri, Surga Indah di Teluk Tomini

Avatar Of Teddy Chaniago
12. 2 Kadididri | Buliran.com

PULAU KADIDIRI dengan pantai pasir putihnya masih samar-samar di telinga dunia. Para petualang wisata minat khusus hanya tahu dari mulut ke mulut. Pulau terpencil di Kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean ini, hanya salah satu mutiara di Teluk Tomini yang mengkilap.

“Karang dan ikannya menakjubkan,” kata Sidsel Filipsen dan Adam Feng, kekasihnya, wisatawan asal Denmark yang pernah bertandang ke Pantai Kadidiri pada 2013.

Seperti umumnya turis Eropa yang datang ke Kadidiri, Sidsel dan Adam tahu tentang Kepulauan Togean hanya dari informasi satu halaman yang dimuat buku saku Lonely Planet—panduan jalan-jalan ke tempat-tempat terpencil di penjuru dunia.

12. 2 Kadidiri | Buliran.com

Meskipun kini ada Instagram, Pantai kadidiri belum terumbar popularitasnya. Beruntung keindahannya yang sunyi tetap perawan dari kedatangan wisatawan yang massal belum mengubah Kadidiri. Artinya, biota laut di dalamnya juga terjaga.

Pulau Kadidiri adalah bagian dari 66 pulau kecil di perairan Taman Nasional Togean. Dari beberapa yang menyediakan penginapan, Kadidiri paling terkenal. Di sini ada tiga cottage: Black Marlin, Pondok Lestari, dan Kadidiri Paradise. Jarak paling dekat dari Wakai, pelabuhan di tengah teluk tempat singgah kapal rute Gorontalo-Ampana.

Pulau ini juga paling mudah untuk mencapai titik-titik menyelam atau sekadar snorkeling. Pulau kecil yang tersebar di sekitarnya menahan laju angin dari laut lepas sehingga pantainya aman direnangi.

Baca Juga   Danau Kaolin, Si Biru Cantik Nan Memesona dari Belitung