Apa Kabar PDI Perjuangan & PSI? 73 Anggota DPRD DKI Sepakat Tolak Interpelasi Anies

  • Share

BuliranNews, JAKARTA –  Harapan legislator DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDI Perjuangan dan PSI yang ingin menginterpelasi Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan akhirnya kandas. Dimana, dengan hanya memiliki 33 orang saja, tak cukup kuat membendung penolakan yang dilakukan oleh 7 fraksi lainnya yang beranggotakan 73 orang.

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Gerindra, M Taufik mengklaim, sebanyak 7 fraksi di DPRD DKI Jakarta sepakat untuk tidak ikut mengajukan hak interpelasi terhadap kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan soal gelaran Formula E.

Dia menyatakan, tujuh fraksi itu sebelumnya menggelar pertemuan dan makan malam dengan Anies pada Kamis (26/8). Salah satu isu yang dibahas adalah soal Formula E.

“Iya bahas interpelasi. 7 fraksi sepakat untuk tidak ikut interpelasi. Berarti 73 anggota,” kata Taufik saat dihubungi, Sabtu (28/8).

Jika berdasarkan pernyataan Taufik, 73 orang itu masing-masing terdiri dari Fraksi Partai Gerindra (19 orang), Fraksi PKS (16 orang), Fraksi Partai Demokrat (10 orang), Fraksi PAN (9 orang), Fraksi Partai Nasdem (7 orang), Fraksi Partai Golkar (6 orang), serta Fraksi PKB-PPP (6 orang).

Sementara dua fraksi lainnya yakni PDI Perjuangan (25 orang) dan PSI (8 orang) adalah pengusul interpelasi.

Dihubungi terpisah, Ketua Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta Rani Mauliani mengatakan pertemuan itu sudah lebih dulu diagendakan sebelum interpelasi diajukan. Namun demikan, ia tidak menampik bahwa interpelasi memang dibicarakan pada pertemuan itu.

“Secara detail banget sih enggak. Paling sekilas secara normatif aja. Karena Gubernur juga paham sepertinya kalau itu mekanisme biasa di dewan,” kata Rani.

Sementara itu Ketua Fraksi PKS Achmad Yani mengatakan pertemuan tersebut hanya sebatas silaturahmi. Ia enggan menjelaskan apa yang dibahas maupun hasil dari pertemuan.

Baca Juga   Jenderal Andika Disetujui Jadi Panglima TNI

“Kami hanya silaturahmi bersama pak Gubernur,” katanya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya melakukan pertemuan dengan para pimpinan fraksi DPRD DKI Jakarta pada Kamis (26/8) malam di rumah dinas Gubernur. Pertemuan dilakukan di tengah isu interpelasi terkait Formula E di yang tengah berproses di DPRD DKI Jakarta.

Anggota DPRD DKI Fraksi NasDem Ahmad Lukman Jupiter mengatakan ada dua fraksi yang tidak hadir, yakni PDI Perjuangan dan PSI. Dua fraksi itu diketahui merupakan pengusul hak interpelasi terhadap kebijakan Gubernur DKI Jakarta soal gelaran Formula E. (*/yog)

 

  • Share