Barrang Lompo, Pulau Cantik nan Menawan Hati

  • Share

PULAU Barrang Lompo ini merupakan pulau yang sangat indah serta memiliki luas yang tidak begitu besar dan terdapat di Sulawesi Selatan khususnya daerah Makassar. Pulau ini menawarkan beberapa pesona wisata alam yang menarik dan juga unik. Salah satunya adalah melihat terumbu karang yang sangat berpengaruh terhadap lingkungan perairan di daerah setempat.

Di pulau ini Anda akan melihat banyak aktivitas penduduk seperti memancing, menangkap ikan dengan jala maupun yang lainnya. Karena sebagian besar pekerjaan penduduknya adalah nelayan. Selain itu Anda juga bisa melihat aktivitas snorkling.

Pulau ini sangat cocok untuk dijadikan objek wisata selam. Karena memiliki tempat diving yang indah. Yang pertama di sebelah timur pulau menyuguhkan Anda pemandangan yang indah dari terumbu karang serta ikan dengan berbagai warna. Kedua terdapat di Karang Tengah yang memiliki kondisi terumbu karang yang hampir sama dengan di sebelah timur pulau.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Barrang Lompo

1. Pemandangan Terumbu Karang yang Indah

Di pulau ini memiliki spot yang bisa Anda gunakan untuk menyelam bersama keluarga, kerabat maupun teman sebaya loh. Untuk melihat pemandangan di bawah laut yamg memukau seperti terumbu karang yang dihiasi dengan adanya berbagai macam jenis ikan yang mempunyai beragam warna unik dan indah.

2. Tempat Budidaya Kima Kerang Raksasa

Pulau ini mempunyai keunikan yang berbeda dari pulau-pulau yang lainnya. Karena di pulau ini terdapat tempat budidaya kerang kima. Kima sendiri merupakan kerang raksasa yang terdapat di Makassar khususnya di Pulau Barrang Lompo ini.

Jadi bagi para wisatawan yang datang dari berbagai daerah dan sangat ingin tahu tentang cara membudidayakan kima ini. Maka Anda bisa kerkunjung ke spot kima ini ya dengan bertanya serta belajar langsung dari pegawainya.

Baca Juga   Rendang Jengkol! Wow, Nikmatnya Tiada Tara

3. Penduduk yang Ramah

Pulau ini sangat di padati oleh penduduk lokal yang berjumlah kurang lebih 3.000 jiwa. Selain itu para penduduk setempat tersebut juga dikenal masyarakat luas dengan sikapnya yang ramah tamah terhadap para pengunjungnya.

Rute yang bisa Anda gunakan untuk menuju ke Pulau Barrang Lompo ini cukup mudah. Apabila Anda memulai perjalanan dari kota Makassar maka ada dua allternatif yang bisa Anda tempuh untuk sampai di kota ini. Yang pertama bisa melalui kapal dan kedua bisa menggunakan pesawat. Perbedaan dari keduanya dapat dilihat dari segi harganya.

Jika Anda menggunakan penerbangan dari Jakarta menuju Makassar maka tarif yang akan dikenai yaitu sebesar 600.000 rupiah. Dengan waktu tempuh kurang lebih 3 jam hingga 4 jam. Sedangkan apabila Anda menggunakan transportasi kapal maka tarif yang dikenakan jauh lebih murah yaitu sekitar 350.000, sangat jauh kan perbandingannya. Maka dari itu jka Anda menggunakan kapal maka bisa berhemat.

Setelah dari pelabuhan Makassar Anda bisa meneruskan perjalanan menuju ke Dermaga pulau Barrang Lompo. Dengan tarif 10.000 rupiah menggunakan kapal yang tersedia di dermaga dan juga beroperasi setiap hari.

Bagi Anda para pengunjung dari luar daerah yang ingin datang kesini maka tidak perlu khawatir dengan harga tiket masuknya. Untuk harganya sendiri cukup murah sehingga dapat di jangkau oleh semua kalangan masyarakat yaitu sekitar 15.000 rupiah.

Selain itu, Anda juga akan dikenakan biaya parkir sebesar 2.000 rupiah untuk motor. Serta untuk tarif mobil Anda akan dikenakan 5.000 rupiah. Di pulau ini Anda juga bisa menyewa peralatan snorkling yang dapat Anda gunakan untuk melihat pemandangan indah di bawah perairan laut.

Baca Juga   Pindang Serani, Kuliner Khas Pesisir Jepara

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Barrang Lompo

1. Snorkling

Di Pulau Barrang Lompo ini memiliki pemandangan bawah laut yang sangat indah sehingga cocok untuk digunakan snorkling. Snorkling sendiri merupakan menyelam di perairan dangkal sambil melihat tumbuhan dan hewan apa saja yang terdapat dilaut tersebut. Snorkling ini bisa dilakukan oleh para pemula yang tidak jago berenang juga loh karena sangat aman.

2. Diving

Hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan di pulau cantik ini yaitu Diving. Snorkling dan Diving ini merupakan sama-sama kegiatan menyelam namun yang membedakan yaitu pada kedalaman dari perairan tersebut. Selain itu jenis ikan yang terdapat di kedalaman tertentu juga akan berbeda. Kegiatan diving ini akan lebih seru jika Anda mengajak beberapa teman maupun keluarga.

3. Berfoto Dalam Air

Pulau Barrang Lompo ini mempunyai daya tarik yang sangat unik loh berbeda dari pulau-pulau lain di Makassar. Yang berbeda dari pulau ini yaitu keindahan pemandangan laut karena adanya terumbu karang. Selain itu juga banyak berbagai jenis ikan yang berwarna warni. Anda bisa mengabadikan moment tersebut untuk berfoto dengan memanfaatkan kamera yang ada.

4. Melihat Kegiatan Budidaya

Kegiatan selanjutnya yang bisa Anda lakukan di Pulau ini ketika berlibur yaitu melihat budidaya kerang raksasa. Pulau ini cukup unik bukan karena berbeda dari yang lain. Jadi buat Anda yang penasaran dengan ukuran kerangnya bisa langsung mengunjungi tempat ini ya.

5. Belajar Membudidaya Kerang Raksasa

Belajar membudidaya kerang raksasa ini bisa Anda coba loh dengan mengunjungi tempat budidayanya. Para pegawaipun juga sangat ramah dan antusias sekali untuk membatu Anda bagaimana cara membudidaya kerang raksasa ini.

Baca Juga   PPKM "Paksa" Puluhan Hotel & Restoran di Garut Kibarkan Bendera Putih

6. Belajar Tentang Biota Laut

Perairan di Pulau ini sangat luas dan cocok digunakan untuk kegiatan menyelam. Ketika Anda menyelam di dalam air maka banyak hal yang bisa Anda lakukan seperti belajar dan mengenal aneka ragam jenis hewan maupun tumbuhan yang ada didalamnya. Tentu hewan dan tumbuhan tersebut jarang atau bahkan belum pernah Anda temukan. Maka disinilah tempat yang paing tepat.

7. Menikmati Panorama Sunset

Kegiatan yang bisa Anda lakukan di pulau Barrang Lompo adalah bisa menikmati sunset. Di pulau ini tidak hanya mempunyai keindahan laut yang sangat menawan, serta budidaya kerang raksasa yang unik namun juga bisa melihat keindahan dari sunsetnya. Cocok buat dijadikan spot foto karena jarang sekali Anda bisa melihat sunset seperti ini.

Selain melihat indahnya pemandangan sunset Anda juga bisa menikmati keindahan malam hari di dermaga ini loh, sambil menikmati aneka jenis makanan. ***

 

  • Share