Melaut di Bawean-Masalembu, 8 Nelayan Lamongan Dilaporkan Hilang

BuliranNews, SURABAYA – Basarnas bersama relawan kebencanaan, masih mencari 8 orang nelayan yang berada di Kapal Motor Nelayan (KMN) Sumber Berkah yang dilaporkan mengalami kecelakaan laut antara Pulau Bawean-Masalembu. Untuk diketahui, dari 11 nelayan yang berada di kapal, baru 3 orang yang berhasil diselamatkan.

Kasi Operasi Basarnas Surabaya, I Wayan Suyatna menjelaskan, Kecelakaan laut itu terjadi sekitar pukul 09.00 WIB, Minggu (15/8). Para korban yang selamat sudah dibawa PKU Muhammadiyah Blimbing, Lamongan untuk menjalani perawatan medis.

“Kecelakaan kapal terjadi diduga bermula adanya kebocoran di bagian buritan kapal. Sehingga kapal langsung tenggelam,” ujar Wayan, Sabtu (21/8).

Mengetahui itu, nahkoda langsung memerintahkan seluruh anak buah kapal (ABK) untuk memakai alat pelampung. Namun seluruh ABK diduga panik dan langsung melompat ke laut untuk menyelamatkan diri dengan menggunakan alat bantu jirigen, bambu dan gabus selang waktu.

Karena cuaca ekstrem, seluruh ABK akhirnya terpencar. Sementara tiga ABK yang selamat, saat itu mengapung dengan menggunakan gabus selama empat hari tiga malam.

“Tiga ABK ini kemudian melihat nelayan pancing yang melintas, kemudian minta bantuan dan akhirnya dapat tertolong. Tetapi ketika berusaha mencari teman (ABK) lainnya selama kurang lebih tiga jam, tidak menemukan. Kemudian nelayan pancing ini membawa ketiga ABK ke perairan Lamongan untuk mendapatkan pertolongan medis dan melaporkan kejadian tersebut Ke Kantor Sat Polairud Polres Lamongan,” papar Wayan.

Sementara 8 ABK lainnya, lanjut Wayan, hingga kini masih dalam proses pencarian.

“Tadi pagi diberangkatkan tim untuk pencarian. Mudah-mudahan para ABK dapat ditemukan dengan selamat. Nanti perkembangannya kami sampaikan lagi,” tambahnya.

Berikut data 11 ABK yang menjadi korban laka laut KMN Sumber Berkah antara Pulau Bawean-Masalembu:

Baca Juga   Mengenal Negara-Negara di Kawasan Pasifik

Tiga ABK yang selamat:

1. Suwaras (49) asal Blimbing, Lamongan
2. Uliyan Andafi (27) asal Blimbing, Lamongan
3. Ji asal Bojonegoro

8 ABK dalam pencarian:

1. Bakrul Ama (40) asal Kranji, Lamongan
2. Waras nakhoda kapal (38) asal Blimbing, Lamongan
3. Nur Muhaimin (42) asal Sumberrejo, Bojonegoro tinggal di Blimbing, Lamongan
4. M. Anshori (34) asal Brondong, Lamongan
5. Budi Maryono (56) asal Brondong, Lamongan
6. Imam Mardianto (30) asal Blimbing, Lamongan
7. Wardono (42) asal Sedayulawas, Lamongan
8. M. Wahidin (38) asal Ngesong Sedayulawas, Lamongan. (*/rep)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *