Bugatti Royale, Mobil dengan Kekebalan Diplomatik

  • Share

MOBIL mewah Bugatti Royale meraih penghargaan Best of Show 9 kali dalam ajang pameran otomotif Pebble Beach Concours d’Elegance.

Sejak acara diadakan pada 1950, Bugatti Royale selalu ikut serta hingga yang terakhir tampil berkesan pada 1985. Namun untuk tampil pada Pebble Beach Concours d’Elegance 1985 di California, Bugatti Royale harus melibatkan internasional dan penerbangan carter akibat konflik diplomatik antara Amerika Serikat dan Perancis.

Rintangan terbesarnya adalah saat enam mobil mewah Bugatti Royale dipajang di museum Cité de l’Automobile. Museum itu bagian dari batch yang disita dari Schlumpf bersaudara oleh Pemerintah Prancis.

“Museum khawatir jika mobil-mobil tersebut meninggalkan Prancis, Schlumpf bersaudara mungkin akan menempuh jalur hukum untuk merebut kembali mobil tersebut,” kata Chris Bock, yang menampilkan Bugatti Royale di Concours, seperti dikutip dari laman Autoblog hari ini, Jumat, 13 Agustus 2021.

Saat itu, Bock dan rekan-rekannya meyakinkan pejabat AS untuk memberikan kekebalan diplomatik terhadap mobil itu. Ini menjadi sejarah pertama mobil yang mendapatkan manfaat dari status kekebalan diplomatik.

“Tidak berlebihan untuk mengatakan bahwa pertemuan Bugatti pada 1985 sangat penting dalam menjadikan Pebble Beach kesuksesan internasional seperti saat ini,” kata Ketua Pebble Beach Concours d’Elegance Sandra Button.

Mobil mewah sport Bugatti telah menang banyak penghargaan Best of Show jika dibandingkan merek lain, meskipun Mercedes-Benz tepat berada di posisi kedua dengan raihan 8 penghargaan. Rencananya Pebble Beach Concours d’Elegance akan kembali digelar tahun ini pada 15 Agustus 2021. (*/dka/tmp)

Baca Juga   Buliranlovers! Mau Tahu 10 Mobil SUV Terbaik Tahun 2021 di Indonesia? Ini Daftarnya
  • Share