Nikmatnya Tatal Haruan, Kuliner Langka dari Tanah Laut

  • Share

PERNAH dengar nama Tatal Haruan? Mungkin banyak dari kita yang menggeleng sekaligus bingung saat ditanya tentang Tatal Haruan. Padahal, Tata Haruan sangat terkenal di Kalimantan Selatan.

Ya, Tatal haruan adalah salah satu masakan langka yang sangat sulit sekali ditemukan. Masakan ini terbuat dari dari bahan dasar ketan dan dihiasi dengan kuah ketal ikan haruan dan bumbu tumis. Tatal Haruan berasal dari Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

Masakan ini kembali muncul pada festival pasar terapung tahun, sejatinya Tatal Haruan hanya terlihat pada acara pernikahan dan acara resmi lainnya.

Namun bagi kawan-kawan yang ingin mencicipinya, bisa datang ketika festival pasar terapung, karena tidak terdapat ditempat lain ataupun di pasar kuliner lainnya.

Tatal Haruan biasanya disandingkan dengan Soko, yang juga terbuat dari ketan, tetapi hanya ditaburi dengan parutan kelapa dan kacang hijau

Cara pembuatan dan penyanyiannya pun cukup sederhana, masakan utamanya ketan yang tetntunya terbuat dari ketan. Sedang untuk kuah kentalnya terbuat dari ikan haruan, santan, lombok besar kering, bawang merah, bawang putih dan ebi udang. Adapun untuk tumisan terbuat dari jagung muda manis, papaya mentah, biji nangka dan santan. ***

Baca Juga   Air Terjun Curug Tinggi, Pesona dari Musi Rawas
  • Share