Prestasi Negara Islam di Jagad Sepakbola

Avatar Of Teddy Chaniago
2. Lionel Messi Argenti 26E4407 | Buliran.com

SEPAKBOLA tak melulu pentas adu gengsi para bintang lapangan hijau dari negara non muslim. Negara-negara dengan mayoritas muslim pun, mulai menyeruak ke posisi atas.

Sebagaimana diketahui Piala Dunia merupakan ajang paling bergengsi bagi setiap Tim Nasional (Timnas) di seluruh dunia. Tak ayal, Timnas di belahan dunia rela tampil habis-habisan demi tembus putaran final Piala Dunia, termasuk negara yang mayoritas dihuni oleh pemeluk agama Islam.

Bahkan, negara Islam tersebut tak hanya sekadar meramaikan Piala Dunia. Mereka turut berprestasi hingga diwaspdai oleh sejumlah negara lain. Lantas, negara Islam mana saja yang dimaksud?

Berikut 5 negara Islam yang paling berprestasi di Piala Dunia:

5. Aljazair

2.5 Aljajairb | Buliran.com

5 negara Islam yang paling berprestasi di Piala Dunia dimulai dari Aljazair. Ya, negara asal benua Afrika ini diketahui sudah empat kali mentas di Piala Dunia.

Capaian tertinggi mereka diraih pada Piala Dunia 2014 silam. Ketika itu Aljazair berhasil tembus babak 16 besar. Sayangnya, mereka tumbang di 16 besar dari Jerman.

Akan tetapi, mereka tidak kalah begitu saja. Aljazair mampu menahan imbang Jerman 0-0 selama 90 menit, sebelum akhirnya dikalahkan Jerman 1-2 lewat babak perpanjangan waktu.

4. Senegal

2.4 Senegal Scaled | Buliran.com

Selanjutnya ada Senegal, negara Islam yang paling berprestasi di Piala Dunia. Menjalani debut Piala Dunia di 2002, tim berjuluk The Lions of Teranga ini mampu tembus ke babak perempatfinal!

Bahkan ketika itu, Senegal yang diperkuat pemain bintangnya, Papa Bouba Diop mampu menjungkalkan Prancis, yang menyandang juara bertahan di penyisihan fase grup. Sayangnya, kiprah apik Senegal itu terhenti di perempatfinal.

Ketika itu, mereka menyerah dari Turki dengan skor tipis 0-1. Sejak saat itu, Senegal belum pernah lagi mencapai perempatfinal Piala Dunia.

Baca Juga   Tumbangkan Napoli, Barcelona Melaju ke Babak 16 Besar Liga Europa

3. Turki

2.3 Turki | Buliran.com

Selanjutnya, ada Turki yang masuk negara Islam paling berprestasi di Piala Dunia. Disebut beprestasi karena Turki mampu membungkam publik sepakbola dunia dengan prestasi menterengnya.

Itu terjadi ketika di Piala Dunia 2002. Kala itu, Turki mampu tembus ke semifinal Piala Dunia 2002. Sayangnya, mereka kalah 0-1 dari Brasil di semifinal.

Meski begitu, mereka mampu menempati peringkat ketiga Piala Dunia 2002. Hal itu dicapai oleh Hakan Sukur dkk usai membungkam Korea Selatan dengan skor 3-2.

2. Arab Saudi

2.2 Arab Saudi | Buliran.com

Selanjutnya ada Arab Saudi salah satu negara yang dikenal dengan masyarakat mayoritas beragama Islam. Kiprah Arab Saudi memang tak semoncer Turki, namun negeri Raja Salman ini sudah enam kali ikut Piala Dunia.

Terbaru di edisi Piala Dunia 2022, mereka sempat mengejutkan publik! Arab Saudi di luar dugaan mampu mendulang kemenangan 2-1 atas Argentina di penyisihan fase Grup C Piala Dunia 2022. Sayangnya, Arab Saudi gagal lolos ke 16 besar, usai kalah bersaing dengan tim lainnya di fase grup.

1. Maroko

2.1 Maroko | Buliran.com

Kemudian di urutan pertama negara Islam yang paling berprestasi di Piala Dunia ada Maroko. Ya, Maroko merupakan tim asal benua Afrika yang tampil mengejutkan di Piala Dunia 2022.

Rekam jejak mereka di Piala Dunia 2022 sangat mengesankan. Maroko mampu mengalahkan tiga negara Eropa di fase berbeda.

Di penyisihan Grup F Piala Dunia 2022, Maroko mampu menang 2-0 atas Belgia. Kemudian, di babak 16 besar, giliran Spanyol yang jadi mangsanya usai dihajar 3-0 via adu penalti. Sementara di perempatfinal, Portugal jadi korban Maroko usai dikalahkan 0-1.

Namun sayang ketika mentas di semifinal, mereka kalah 0-2 dari Prancis. Pun demikian ketika di fase perebutan tempat ketiga. Maroko kalah 1-2 dari Kroasia.***