Segarkan Tenggorokanmu dengan Minuman Khas Ranah Minang

Avatar Of Teddy Chaniago
9. Minuman Khas | Buliran.com

SUMATERA BARAT atau disebut juga dengan Ranah Minang, tak hanya terkenal dengan beragam kuliner atau pun kudapannya. Namun di provinsi yang beribu kota Padang ini, juga ada sejumlah minuman unik yang dijamin mampu menyegarkan tenggorokanmu.

Untuk lebih mengenalnya, berikut enam minuman unik khas Sumatera Barat yang rasanya paling mampu menyegarkan tenggorokan.

1. Es Durian

9.1 Es Durian Ganti Nan Lamo | Buliran.com

Es Durian khas Sumatera Barat ini hampir serupa dengan es kebanyakan. Hanya saja, Es Durian khas provinsi ini disajikan dengan bahan-bahan campuran yang berbeda.

Es Durian khas Sumatera Barat terdiri dari campuran durian, cincau hitam, kelapa muda dan bubur pacar serta es serut yang kemudian ditambah susu kental manis cokelat di atasnya.

Minuman unik khas Sumatera yang satu ini dan paling terkenal di Padang adalah Es Durian Ganti Nan Lamo yang sudah berdiri sejak tahun 1960.

2. Teh Talua

9.2 Teh Talua | Buliran.com

Teh Talua atau Teh Telur merupakan minuman unik khas yang hanya bisa ditemukan di Sumatera Barat.

Minuman unik ini terdiri dari kombinasi teh yang dicampur dengan telur. Biasanya, Teh Talua menjadi favorit kaum adam karena dapat mengembalikan semangat dan kebugaran tubuh setelah meminumnya.

Pasalnya, selain telur, perasan jeruk nipis juga akan ditambahkan untuk memberi aroma segar pada Teh Talua.

Untuk menikmati Teh Talua, Anda bisa menemukannya di kedai atau warung kopi dan rumah makan yang ada di Sumatera Barat.

3. Es Tebak

9.3 Es Tebak | Buliran.com

Meskipun namanya Es Tebak, tapi sebenarnya minuman unik khas Sumatera Barat ini tidak ada hubungan sama sekali dengan tebak-tebakan.

Es Tebak merupakan minuman unik khas Sumatera Barat pelepas dahaga yang terdiri dari cincau hitam, tape ketan hitam, kolang-kaling dan tebak.

Baca Juga   Teh Talua Pinang Mudo, Peningkat Vitalitas dari Ranahminang

Tebak sendiri merupakan adonan yang terbuat dari tepung beras ketan dan tepung sagu yang dimasak dengan air garam dan kapur sirih.

Kemudian, adonan tebak tersebut dicetak menyerupai cendol. Minuman unik yang merupakan hidangan penutup ini biasanya dihidangkan dengan sirup merah, susu kental manis dan es serut.

4. Aia Aka

9.4 Aie Aka | Buliran.com

Aia Aka atau aia kacang alias air kacang ini merupakan salah satu minuman khas Sumatera Barat yang memiliki tampilan bentuk seperti cendol bertekstur kenyal layaknya agar-agar.

Hal ini tidak lain karena bahan dasar Aia Aka terbuat dari daun cincau hijau.

Minuman unik khas Sumatera Barat ini juga kerap disebut seperti cendol karena biasanya sang penjual akan mencampurnya dengan air santan.

Selain ditambahkan dengan air santan, Aia Aka juga bisa diminum dengan air jeruk nipis yang baik untuk meredakan panas dalam.

5. Jus Pinang Muda

9.5 Jus Pinang | Buliran.com

Sesuai namanya, minuman unik khas Sumatera Barat yang satu ini terbuat dari pinang muda.

Sama seperti Teh Talua, Jus Pinang Muda juga lebih banyak dikonsumsi oleh pria karena khasiatnya yang dapat menambah stamina dan menjaga kesehatan tubuh.

Bahkan, beberapa penjual minuman unik Jus Pinang Muda ada yang menambahkan kuning telur itik, susu serta madu.

Lalu, untuk menambah rasa hangat, tidak jarang juga minuman unik ini ditambah dengan potongan jahe di dalamnya.

6. Es Cendol

9.6 Cendol | Buliran.com

Minuman yang satu ini merupakan minuman unik yang sudah melegenda bagi masyarakat Minang.

Pasalnya, minuman unik khas Sumatera Barat yang terbuat dari bahan baku tepung beras, sari daun pandan, gula aren dan santan ini diketahui sudah ada sejak tahun 1950.

Masyarakat di Sumatera Barat maupun daerah lain sangat suka dengan minuman manis yang sangat menyegarkan ini.

Baca Juga   Wedang Cemue, Penghangat Tubuh dari Ngawi

Namun uniknya, jenis minuman unik ini memang sangat dikenal di beberapa wilayah di nusantara, tapi dengan nama yang berbeda di setiap daerah. ***