Gurun Pasir di Arab Saudi Jadi Sungai

Avatar Of Teddy Chaniago
2. Sungai | Buliran.com

BELUM lepas dari ingatan akan menghijaunya bukit-bukit batu di negeri Arab yang tiba-tiba menghijau, kembali fenomena yang tak pernah terbayangkan hadir di Arab Saudi.

Keanehan yang kembali muncul adalh gurun pasir di negara itu yang berubah menjadi sungai.

Foto-foto dibagikan media AFP, Selasa (17/1). Ini terjadi di wilayah Wadi Al-Rummah.

“Wadi Al-Rummah kini meluap dengan air,” tulis media Prancis itu.

“Membentang sepanjang hampir 600 kilometer (km) … banjir setelah dua minggu diguyur hujan lebat di bagian timur wilayah Qassim. Padahal, hampir kering selama bertahun-tahun,” tambah AFP lagi.

Hal sama juga dilaporkan media Timur Tengah, Al-Arabiya. Danau dan sungai dadakan bahkan dilaporkan muncul.

2.1 Sungai | Buliran.com

Ini kemudian dimanfaatkan oleh para pemain jet ski dan penunggang kuda untuk berkegiatan. Dilaporkan ratusan orang di seluruh negeri telah berbondong-bondong ke lokasi waduk yang meluap tersebut.

“Para pemain ski jet terlihat melintasi air untuk mendapat sorakan dari penonton, sementara yang lain terlihat di atas perahu darurat yang mendayung melintasi danau,” tulisya.

“Beberapa menunggang kuda untuk menyeberang, sementara yang lain terlihat sedang bermain layang-layang di atas air,” tambah Al-Arabiya.

Sebenarnya, studi geologi menunjukkan bahwa Wadi al-Rummah pernah mengalami hal serupa. Namun sangat jarang, hanya sekitar tiga kali setiap 100 tahun.

Di tahun 1900san, itu terjadi 1945, 1982, 1987. Di 200an ini terjadi di tahun 2004, 2008 dan 2018

Mengulik ke belakang lagi, sebenarnya genangan terlama juga terjadi di 1818, saat banjir muncul selama 40 hari. Lalu 1838 selama 22 hari dan 1987 serta 2008 selama 17 hari.

“Pada tahun 1838 wadi meluap, menciptakan danau seluas 200 mil persegi (520 kilometer persegi) yang bertahan selama dua tahun. Fenomena ini menarik burung air yang jarang terlihat di lembah,” tambah media itu.

Baca Juga   Ridwan Kamil : Semua Kegiatan Susur Sungai Setop

Sebelumnya di Januari 2023, Pusat Meteorologi Nasional Arab Saudi mengumumkan bahwa hujan lebat, disertai angin kencang, terjadi di beberapa bagian Mekkah, Jeddah, Rabigh, Taif, Jamum, al-Kamil, Bahra, Khulais, al-Laith, al-Qunfudhah, al-Ardiyat, Adham al-Baha, dan Asir. Hujan deras juga melanda Medina, al-Qassim, dan Riyadh.

Ini kemudian membuat sejumlah wilayah Makkah yang tandus ditumbuhi rerumputan hijau. Salju bahkan menyelimuti wilayah Tabuk di utara Arab Saudi saat suhu anjlok di seluruh negeri. (*/sef/cic)