Afghanistan Hadirkan Supercar Perdana

Avatar Of Teddy Chaniago
10. Mada | Buliran.com

LUAR biasa, meski baru lepas dari belenggu perang, Afghanistan sudah mulai membuat kita berdecak kagum. Bagaimana tidak, negeri tandus ini telah berhasil memproduksi supercar perdana.

Menteri Pendidikan Taliban Abdul Baqi Haqqani memuji “supercar” pribumi pertama Afghanistan sebagai bukti kelompok militan akan mempromosikan “ilmu agama dan modern.”

Gagasan dari perusahaan teknik yang berbasis di Kabul, Mada-9 menyembunyikan motor run-of-the-mill di bawah kurva eksotisnya.

Baru-baru ini, mobil itu diluncurkan di Institut Kejuruan Teknis Afghanistan (ATVI) Kabul.

“Mada-9 kokoh dan ringan, dan akan membantu Afghanistan menghilangkan reputasinya sebagai perang dan konflik dan kesengsaraan,” ungkap kepala ATVI Ghulam Haidar Shuhamat kepada ToloNews pada Selasa.

9. Mada 9 | Buliran.com

Berbicara di bengkel perancangnya di institut tersebut, Haqqani mengatakan proyek tersebut membuktikan Taliban akan membawa “ilmu agama dan modern kepada masyarakat,” menurut laporan First Post India pada Rabu.

Juru bicara resmi Taliban Zabiullah Mujahid menyatakan di Twitter bahwa mobil itu akan mengangkat pamor Afghanistan. Terlepas dari pujian yang bersinar dari para militan, mobil itu dalam pengembangan selama beberapa tahun sebelum Taliban merebut kembali kendali Afghanistan setelah penarikan AS pada tahun 2021.

Desainer Mohammad Riza Ahmadi mengatakan dia dan tim yang terdiri dari 30 insinyur membutuhkan waktu lima tahun untuk menyelesaikan ide untuk prototipe bekerja.(*/isc)

 

 

 

Baca Juga   Berharga 70 Jutaan, Ini Spesifikasi Mobil Listrik DFSK