Harley Davidson Kemahalan? Pilih Motor Cruiser Ini Saja

Avatar Of Teddy Chaniago
8. Motor | Buliran.com

SETIAP kali berbicara tentang motor besar, selalu saja jawabannya mentok di Harley Davidson. Namun bagaimana jika kantong cekak? Tak usah khaatir, karena ada solusinya yaitu motor cruiser. Tampilan motor cruiser pun mirip dengan Harley Davidson, namun perlu dicatat Harley Davidson bukanlah satu-satunya pabrikan yang memproduksi motor bergaya Cruiser.

Masih banyak motor-motor bergaya Cruiser yang sekilas mirip motor gede yang harganya jauh lebih murah dibandingkan Harley Davidson, salah satu contoh yang mungkin kalian sudah kenal yaitu Benelli Patagonian Eagle 250, motor bergaya Cruiser yang bertenaga 250 cc dengan dua silinder yang dijual dengan harga cuma 38 jutaan rupiah.

Berikut motor Cruiser mirip Harley Davidson dengan harga lebih murah :

1. Motor Cruiser Kaisar Ruby V250

8.1 Motor Cruiser Kaisar Ruby V250 | Buliran.com

Motor pertama yang bisa dibilang mirip Harley Davidson adalah motor hasil rakitan dari PT Kaisar Motorindo industri yaitu Ruby V250.

Bila dilihat dari tampilannya Kaisar Ruby memiliki gaya Cruiser yang cukup mirip produk Harley Davidson karena kemiripannya ini biker awam atau yang cuma sekilas melihat bisa menyangka Kaisar Ruby sebagai Harley Davidson.

Selain tampilan, Ruby V250 juga memiliki mesin v-twin yang jadi ciri khas motor gede Harley Davidson, mesin yang digunakan adalah v-twin berkapasitas 250 cc, SOHC, berpendingin udara dengan tenaga 17,7 DK pada 8.000 RPM.

Kemudian untuk harganya sendiri motor Cruiser yang mirip Harley Davidson ini dijual dengan harga sekitar Rp34 jutaan.

2. Motor Cruiser Regal Raptor Daytona 350

8.2 Motor Cruiser Regal Raptor Daytona 350 | Buliran.com

Saat ini sudah banyak pabrikan yang merilis motor gede khusus turing yang tidak kalah dengan Harley Davidson, salah satunya motor Cruiser Regal Raptor Daytona 350.

Regal Raptor sendiri merupakan produsen sepeda motor asal China, namun berbeda dengan motor-motor buatan negeri tirai bambu lainnya.

Motor produksi Regal Raptor sendiri cenderung lebih rapi dan memiliki desain yang keren, hal ini mungkin salah satunya karena pemasaran Regal Raptor lebih banyak di Amerika dan Eropa meski dengan merek yang berbeda.

Baca Juga   Tendang Tesla, BYD Jadi Raja Mobil Listrik Dunia

Di Indonesia sendiri distribusi Regal Raptor ditangani oleh PT Jetwin Internasional Motorindo sejak tahun 2003 silam dan salah satu motor yang didatangkan ke tanah air adalah model Daytona 350.

The futuristic itulah kesan pertama ketika melihat desain motor ini, aura sebagai motor Cruiser tercermin melalui desain tangki bahan bakar yang mengecil dipadukan dengan striping body macho yang membujur dari depan hingga belakang.

Disamping desain yang keren performa Daytona 350 juga cukup menjanjikan sebagai motor Cruiser karena motor ini sudah dibekali dengan mesin tipe 4-stroke, twin cylinder dan water could full injection dengan tenaga berkapasitas 320 cc.

Dengan modal tersebut Daytona 350 diklaim mampu memuntahkan daya 17 KW pada putaran 8.500 RPM dan torsi Puncak menembus 22 MN pada putaran 6500 RPM.

saat ini Daytona 350 hadir dalam dua pilihan warna yaitu warna hitam dan putih, satu unit motor touring ini ditawarkan dengan harga mulai dari Rp42 hingga 50 jutaan untuk pasar Indonesia.

3. Motor Cruiser Kawasaki Eliminator

8.3 Motor Cruiser Kawasaki Eliminator | Buliran.com

Motor Cruiser bisa dibilang merupakan salah satu segmen yang jarang diminati di tanah air, kalah jauh dengan motor matic atau bahkan Motor sport.

Beberapa motor jenis tersebut sempat berlalu-lalang di tanah air salah satunya adalah Kawasaki Eliminator 175, motor Cruiser tersebut sempat hadir di sekitar tahun 2000, namun usianya tak terlalu panjang.

Langka dan unik, motor ini masih bisa ditemui dibeberapa situs jual beli motor bekas dengan kisaran harga Rp20 jutaan.

Kawasaki Eliminator 175 ini dibekali dengan mesin 175 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 15 daya kuda pada putaran mesin 8500 RPM dan mesin ini kabarnya mampu mengantarkan motor tersebut untuk melesat hingga kecepatan 116 KM/Jam.

Baca Juga   Suzuki Ertiga Hybrid & Hyundai Stargazer Sasar Kenyamanan Avanza

4. Motor Cruiser Kawasaki Vulcan S

8.4 Motor Cruiser Kawasaki Vulcan S | Buliran.com

Jika kalian mencari motor mirip Harley Davidson dapat juga memilih Kawasaki Vulcan S.

Kapasitas mesinnya tidak kalah besar mencapai 640 cc dengan konfigurasi dua silinder, performa yang mampu dikeluarkan juga mantap torsinya 64 MN dan tenaga 61,6 HP.

Meski punya spesifikasi istimewa, namun dari sisi harga jauh lebih murah dari Harley Davidson.

Dengan mesin 640 cc mungkin wajar jika lebih mahal daripada motor lainnya mirip Harley, Kawasaki Vulcan S dijual dengan harga Rp182 jutaan dengan harga OTR.

5. Motor Cruiser Benda BD300

8.5 Motor Cruiser Benda Bd300 | Buliran.com

Kembaran Harley Davidson ini bernama Benda BD300, motor Cruiser asal negara Tiongkok.vMotor Cruiser ini meluncur beberapa waktu lalu tepatnya Mei 2020.

Lampu bulat hingga single siternya jadi tanda mirip-mirip Harley Davidson, kaki-kaki hingga posisi duduknya agak rebah ciri khas dari motor gede yang fenomenal itu.

Soal dapur pacu motor Cruiser Benda BD300 mengusung mesin 298 cc dan v-twin berpendingin cairan, cukup unik mengingat motor baru bermesin 300 cc namun memakai konfigurasi v-twin yang biasanya juga dipakai oleh motor Harley Davidson.Dari mesin itu, Benda BD300 bisa menyembur tenaga sampai 29 DK.

Untuk harga motor Cruiser Benda BD300 Dibanderol dengan harga mulai dari Rp43 hingga Rp49 jutaan.

6. Motor Cruiser Yamaha Bolt R Spec

8.6 Motor Cruiser Yamaha Bolt R Spec | Buliran.com

Yamaha beberapa waktu lalu resmi merilis produk terbarunya untuk pasar roda dua Jepang. Bolt R Spec adalah motor Cruiser bergaya klasik.

Mulai dari desain tangki berkapasitas 13 liter, lampu berbentuk bundar dan panel instrumen bulatnya. soal harga Yamaha Bolt Spec dibanderol dengan harga 1.045.000 Yen atau jika dirupiahkan sekitar Rp139 jutaan rupiah.

7. Motor Cruiser Honda Steed

8.7 Motor Cruiser Honda Steed | Buliran.com

Selain varian Honda CB, Honda ternyata juga pernah memiliki kendaraan Cruiser lainnya yang terangkum dalam seri Honda Steed, tidak diketahui secara rinci Kapan Honda pertama kali mengeluarkan varian Steed, namun beberapa sumber menyebutkan bahwa model Steed ini telah dilemparkan ke pasaran sejak dekade 1990-an lalu.

Baca Juga   Mengenal Brand Sepeda Motor Dunia yang Masih Beroperasi

Honda Steed sendiri hadir dalam beberapa model salah satunya Steed PLS400, motor ini pertama kali diproduksi Honda pada tahun 1957 lalu.

Honda Steed PLS400 menggendong mesin v-twin, 4-stroke dengan water could dan berkapasitas 398 cc.

Di Indonesia sendiri meski jarang terlihat namun ada beberapa Honda Steed yang ditawarkan dalam model bekas, satu unit produksi bekas Honda Steed berkapasitas 400cc saat ini dipasarkan dengan harga mulai dari Rp28 jutaan.

8. Motor Cruiser Benelli 502C

8.8 Motor Cruiser Benelli 502C | Buliran.com

Dari sisi tampilan desain nya mirip Ducati Diavel hanya saja motor Cruiser Benelli ini cuma pakai mesin 500cc, jantung mekanis tersebut pakai konfigurasi dua silinder. Benelli 502C mampu memuntahkan torsi puncak hingga 45mn dan tenaga maksimal hingga 47,6 Hp.

Kemudian soal fitur tidak perlu diragukan lagi, sistem pencahayaan sudah full LED, rem ABS dan panel instrument digital.

Untuk harga, motor Cruiser Benelli 502C ini dibanderol dengan harga Rp162 jutaan.

9. Motor Cruiser New Yamaha V Star 250

8.9 Motor Cruiser New Yamaha V Star 250 | Buliran.com

Untuk reader yang gemar melakukan touring, Yamaha Motor Corporation Amerika menawarkan sensasi baru dengan meluncurkan new Yamaha V Star 250 sebagai model 2018.

Motor Cruiser ini juga memiliki model khas moge layaknya Harley Davidson dan Indian Motorcycle, namun bedanya new Yamaha V Star 250 menggunakan mesin kecil hanya berkapasitas 250cc, sementara Harley Davidson dan Indian Motorcycle rata-rata menggunakan mesin berkapasitas 1000cc.

Sesuai dengan namanya new Yamaha V Star 250 sendiri menggunakan teknologi mesin v-twin 60 derajat, berkapasitas 249, SOHC, berpendingin udara dan masih menggunakan karburator. Mesin tersebut juga dibekali dengan gearbox 5 tingkat percepatan.

Untuk harga new Yamaha V Star 250 di pasar Amerika ditawarkan dengan harga 4.349 Dollar atau jika dirupiahkan setara dengan Rp57 jutaan. ***