Gak Perlu Ribut, Gak Perlu Ribet! Diam pun Ternyata Bermanfaat

DALAM sebuah kehidupan, yang namanya perbedaan pendapat pasti selalu ditemukan. Tak jarang, perbedaan tersebut justru menghadirkan pertikaian yang tidak sehat berupa keributan antara kedua belah pihak.

Lisan memang bisa menjadi jalan untuk menebar kebaikan, tapi bisa juga justru menjadi parasit jika tidak digunakan dengan bijak sehingga penting untuk kita mengetahui manfaat diam.

Tujuan dari mengetahui manfaat diam, tentu ini akan membuat kita sedikit berbenah diri dan tidak berlebihan dalam menyampaikan sesuatu kepada orang lain.

Kita harus bisa memfilter mana yang baik dan tidak, maka dari itu berikut akan dipaparkan 6 manfaat diam yang wajib kalian tahu.

1. Jauh dari penyakit hati

Penyakit hati akan membuat setiap perilaku kita menjadi terdorong untuk negatif, hal ini tentu harus bisa dihindari karena semakin lama akan membuat diri seseorang menjadi jauh dari kenikmatan hidup.

Diamnya seseorang tentu akan membuat hatinya lebih damai dan tenang, sebab nafsu untuk mengeluarkan emosi atau menyampaikan sesuatu yang negatif bisa diminimalisir.

2. Terhindar dari dosa lisan

Dosa lisan kerap disepelekan orang, padahal lisan ini bahkan bisa membunuh siapapun tanpa menyentuh dan bisa mendatangkan banyak kerugian jika tidak dijaga.

Manusia akan lebih baik jika berbicara yang positif dan bisa mengontrol dirinya supaya tidak berlebihan dalam bertutur kata, sebab apapun yang kita katakan pasti akan diminta pertanggungjawaban.

Maka dari itu, jika kalian lebih mengutamakan tidak banyak bicara kecuali yang berguna maka sudah tentu itu dapat menghindari dosa kita.

3. Penutup segala aib

Semakin menjaga lisan maka aib pun tidak akan mungkin kita umbar, kita pasti bisa menjaga aib orang lain dan kita sendiri.

Baca Juga   Simak! Ini Tandanya Orang Lain Tidak Menyukaimu

Menjaga aib orang lain tentu akan mendatangkan kebaikan dan kita akan terhindar dari yang namanya ghibah, hal itu tentu dapat membuat kita menjadi manusia yang lebih menghargai sesama dan tidak mengumbar aib saudara.

4. Tidak ada permusuhan akibat lisan

Sebagaimana kelanjutan yang di atas bahwa ada banyak orang yang akhirnya bertikai hanya karena lisan, tidak jarang bicara yang terang-terangan juga mendatangkan banyak kesalahpahaman.

Biasanya semakin banyak bicara maka sering sekali membuat orang lain merasa tidak nyaman bahkan ada yang tersinggung, jadi sudah tentu akan lebih baik jika lisan dijaga supaya bisa menghindari permusuhan.

5. Suasana jadi tenang

Suasana akan menjadi tenang jika kita menjadi orang yang tidak berbicara kecuali itu berguna atau penting, sehingga kita harus bisa mengusahakan untuk lebih baik memilih diam selama itu lebih penting.

6. Baik untuk kesehatan

Kenapa baik untuk kesehatan? Sebab orang yang diam bisa disebut pula sebagai sosok yang dapat mengatur dan mengendalikan dirinya sendiri.

Maka dari itu, jika emosi sudah bis dikendalikan tentu yang namanya tekanan juga tidak akan kita rasakan sehingga tubuh akan terus merasa sehat.

Itulah 6 manfaat diam yang wajib kalian tahu, jadi mulai sekarang usahakan untuk tidak berbicara yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.***