Sebuah Studi, Tingkat Antibodi yang Memprediksi Kemanjuran Vaksin Moderna

  • Share
Tingkat antibodi yang memprediksi kemanjuran vaksin Moderna
Tingkat antibodi yang memprediksi kemanjuran vaksin Moderna Sumber Foto : REUTERS/Mike Segar

Buliran.com–Tingkat antibodi adalah prediktor yang baik untuk seberapa efektif vaksin COVID-19 Moderna Inc (MRNA.O), menurut sebuah studi baru yang dirilis pada hari Selasa, sebuah temuan yang dapat membantu mempercepat uji klinis di masa depan untuk vaksin melawan penyakit tersebut.

Regulator saat ini mengandalkan studi terkontrol plasebo besar untuk menentukan apakah vaksin bekerja, tetapi penelitian, yang dilakukan oleh para ilmuwan dari Pusat Penelitian Kanker Fred Hutchinson, Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular, Moderna dan di tempat lain, menunjukkan bahwa mengukur tingkat antibodi pada penerima vaksin juga dapat menentukan efektivitas.

Studi, yang belum ditinjau sejawat, menemukan bahwa vaksin Moderna lebih efektif pada penerima vaksin dengan tingkat antibodi yang tinggi. Penerima ini juga melaporkan tingkat infeksi terobosan yang lebih rendah setelah divaksinasi.

Penelitian dilakukan dengan menggunakan data dari uji klinis 30.000 peserta Moderna, yang dimulai tahun lalu dan merupakan dasar untuk otorisasi vaksin.

Menemukan ukuran kemanjuran pengganti harus mempercepat keputusan regulator tentang persetujuan vaksin bahkan tanpa studi terkontrol plasebo besar, yang mungkin tidak praktis untuk dilakukan jika vaksin tersedia secara luas, kata Peter Gilbert, seorang peneliti di Fred Hutchinson dan penulis studi .

Dikombinasikan dengan data tentang vaksin Pfizer (PFE.N)/BioNTech dan AstraZeneca (AZN.L), Gilbert mengatakan ada “akumulasi bukti yang konsisten” yang menunjukkan bahwa antibodi dapat digunakan sebagai penanda alternatif untuk kemanjuran vaksin. (red/rutrs)

Baca Juga   Kekayaan Rahasia Pemimpin Dunia Diungkap dalam Pandora Papers
  • Share