Kompak Tanpa AC & Radio : Ini Dua Mobil Termurah, Suzuki S-Presso & Daihatsu Ayla

Avatar Of Teddy Chaniago
1. Otomotif | Buliran.com

SEJAUH ini, Suzuki S-Presso belum terkonfirmasi masuk ke Indonesia. Tapi kalau mobil tersebut akhirnya benar jadi datang, Suzuki S-Presso bakal berduel dengan Daihatsu Ayla sebagai mobil termurah di tanah air. Untuk diketahui, mobil ini dijual tanpa AC dan Audio.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) nampaknya tengah mempersiapkan S-Presso sebagai calon mobil mungil baru di Indonesia. Jika bicara rentang harga dan spesifikasi mesin, S-Presso juga bakal berhadapan dengan mobil termurah Daihatsu Ayla 1.0 D MT.

Suzuki diketahui sudah mendaftarkan nama S-Presso pada Pangkalan Data Kekayaan dan Intelektual Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) Republik Indonesia. Penamaan tersebut ditujukan untuk berbagai komponen pada mobil.

8. Suzuki | Buliran.com

Suzuki S-Presso ditawarkan dalam berbagai varian di India, di antaranya Standar, LXI, hingga VXI. Tapi untuk varian terendahnya, ada beberapa kesamaan dengan Daihatsu Ayla 1.0 D M/T, yaitu sama-sama tidak dibekali air conditioner, power window, velg kaleng tanpa wheel cap, dan audio hiburan.

Menariknya harga S-Presso di India varian standar dijual di bawah Rp 100 juta, sekitar 3,77 lakh (ex showroom) atau setara dengan Rp 75 jutaan (belum termasuk pajak dan lainnya). Sementara Daihatsu Ayla 1.0 D M/T saat ini Rp 103,3 juta (OTR Jakarta).

Oke, berikut ini perbandingan antara S-Presso varian terendah dan Daihatsu Ayla yang menyabet gelar mobil termurah di Indonesia.

Desain

Suzuki S-Presso didesain seperti SUV mini. Berbeda dengan Daihatsu Ayla yang bergaya hatchback. Tapi keduanya sama-sama berkapasitas 5-penumpang.

Secara dimensi Suzuki S-Presso punya body yang lebih ringkas. Mobil ini memiliki panjang 3.565 mm, lebar 1.520 mm, dan tinggi 1.549 mm.

Sedangkan Daihatsu Ayla 1.0 D M/T berukuran panjang 3.640 mm, lebar 1.600 mm, dan tinggi 1.520 mm.

Baca Juga   Guys, Ini Lho Waktu yang Tepat Mengganti Wiper Mobil Anda

Fitur

Kesamaan dari Suzuki S-Presso standar dengan Daihatsu Ayla ialah hilangnya fitur standar, di antaranya lampu kabut, AC, power window, dan audio.

Maka jangan heran jika masuk ke dalam kabin S-Presso varian terendah, sama seperti Ayla 1.0 D MT yang tidak dilengkapi dengan fitur demikian. Beberapa slot yang kosong itu ditutup dengan trim plastik.

1. Ayla | Buliran.com

Berbeda dengan S-Presso Varian VXI+ sudah dibekali layar sentuh 7 inci dengan Apple CarPlay dan Android Auto serta kontrol yang dipasang di kemudi.

Kendati demikian Suzuki S-Presso varian terendah sudah dilengkapi berbagai peranti keamanan berkendara standar seperti airbag (sopir), seat belt warning, Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), dan Brake Assist.

Sementara Daihatsu Ayla 1.0 D MT belum dilengkapi dengan air bag, dan pengereman juga belum menggunakan sistem ABS, hanya saja rem depan sudah cakram, dan belakang tromol.

Mesin

Dari sektor dapur pacu, ternyata S-Presso dibekali jantung yang mirip dengan Karimun Wagon R. S-Presso dijejali mesin BS-VI K10B dengan kapasitas 1.000 cc tiga silinder. Mesin yang meminum bahan bakar bensin itu mampu menyemburkan tenaga hingga 50 kW (67,9 PS) di 5.500 rpm dengan torsi maksimal 90 Nm pada 3.500 rpm.

Dengan mengusung mesin kecil, Suzuki S-Presso diklaim irit. Konsumsi bahan bakarnya hanya 21,7 km/liter sampai 21,4 km/liter.

Daihatsu Ayla 1.0 D MT ini tentu saja irit konsumsi BBM. Sebab mobil ini dicangkok mesin 998 cc 3 silinder berkode 1KR-DE, DOHC yang bisa memuntahkan tenaga sebesar 65 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 86 Nm di rentang 3.600 rpm.

Itu tadi perbandingan dari mobil termurah antara Suzuki S-Presso dan Daihatsu Ayla 1.0 D M/T. ***

Baca Juga   Mengantuk Saat Nyetir? Begini Cara Mengatasinya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *