Ingin Terhindar dari Kanker? Hindari Daftar Makanan Berikut

Avatar Of Teddy Chaniago
6. Daging | Buliran.com

GAYA HIDUP dan pola makan sehari-hari sangat memengaruhi kesehatan jangka Panjang. Bahkan dokter penyakit dalam dari AS, Howard Grossman, mengatakan bahwa makanan yang tidak sehat berkontribusi pada meningkatnya risiko kanker. Misalnya konsumsi alkohol dikaitkan dengan 740 ribu diagnosis kanker baru pada 2020.

Grossman menjelaskan, sebagian besar masalahnya bukanlah makanan, tetapi bahan tambahan makanan yang terkandung didalamnya.

“Jadi pola makan sehat dan bernutrisi adalah pilihan terbaik untuk sehat. Anda disarankan melakukan diet seimbang yang membatasi zat aditif pada makanan, untuk selalu sehat,” kata Grossman.

Seperti dilansir dari Eat This, Senin (9/8), berikut beberapa daftar makanan telah dikaitkan dengan berbagai macam risiko kanker.

1. Daging olahan

Daging olahan seperti sosis dan bacon telah dikaitkan dengan risiko kanker. Menurut Grossman, masalah dari daging olahan dan hal-hal seperti bacon adalah kandungan nitrit di dalamnya. Tingkat nitrit dan nitrat yang tinggi, seperti yang ditemukan dalam daging olahan, dapat meningkatkan risiko glioma (kanker otak), kanker tiroid, kolorektal (usus besar), dan lambung.

2. Daging merah

Grossman mengatakan bahwa daging merah telah dikaitkan dengan kanker kolorektal, prostat, dan pankreas. Jadi membatasi asupan daging merah untuk alasan kesehatan adalah ide yang sangat baik.

3. Alkohol

Menurut Grossman, konsumsi alkohol dalam jumlah yang banyak telah dikaitkan dengan kanker mulut, kerongkongan, perut, payudara, hati dan usus besar

4. Makanan dan minuman manis

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), hampir 2 miliar orang dewasa saat ini memiliki kelebihan berat badan, dan 650 juta di antaranya mengalami obesitas. Keadaan ini juga menjadi faktor risiko banyak kanker. Oleh karena itu, membatasi asupan minuman dan makanan manis bisa menjadi cara untuk mencegah obesitas.

Baca Juga   Lebih Dekat dengan Bipolar

Meski beberapa makanan telah dikaitkan dengan risiko kanker, Grossman mengatakan bahwa ada banyak hal yang tidak diketahui tentang hubungan antara makanan dan kanker. Sebab tidak ada studi yang benar-benar definitif pada manusia.

Untuk mencegah kanker, Grossman menyarankan agar setiap individu mengikuti diet seimbang dan membatasi makanan olahan, membatasi daging merah dan makanan manis, serta membatasi asupan alkohol.

“Saya selalu memberitahu orang-orang untuk mengonsumsi makanan utuh, seperti buah-buahan dan sayuran, daging tanpa lemak dan ikan tanpa garam. Kurangi konsumsi makanan kemasan,” jelas dia. **

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *