Klub Eropa “Intai” Talenta Indonesia

Avatar Of Teddy Chaniago
8. Timnas | Buliran.com

PROGRAM takkan pernah mengkhianati hasil. Ini pula yang didapat Generasi Timnas Indonesia U-20. Program latihan spartan dan berkelanjutan yang mereka jalani mengalami kemajuan pesat di tangan Shin Tae-yong.

Uji coba demi uji coba telah dilakukan untuk menilai kesiapan pemain berlaga di Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 2023.

Dari serangkaian laga uji coba internasional tersebut, rupanya ada beberapa pemain Timnas Indonesia U-20 yang mencuri perhatian talent scouting dari luar negeri, khususnya Eropa.

Siapa saja mereka yang berpeluang mendapat kontrak dan main di luar negeri? Berikut ulasannya.

1. Marselino Ferdinan

8.1 Marcelino | Buliran.com

Utusan khusus PSSI, Hamdan Hamedan, blak-blakan mengakui jika klub besar asal Belanda, Feyenoord Rotterdam, tertarik untuk mendatangkan Marselino Ferdinan.

“Waktu kami di Belanda dan bertemu dengan Feyenoord, Feyenoord tertarik juga untuk melihat Marselino,” ungkap Hamdan Hamedan di Youtube Chandra Margatama.

“Bukan tidak mungkin jika talent scout Feyenoord memantau Marselino di game Timnas Indonesia vs Prancis dan Slovakia.”

“Saya mengatakan Marselino pemain yang sangat bagus, itu kelihatannya membuat Feyenoord tertarik untuk mencari tahu tentang Marselino,” jelas Hamdan lagi.

Feyenoord sendiri adalah tim bagi sejumlah pemain keturunan Indonesia, seperti Liam Oetoehganal dan Delano van der Heijden yang dikabarkan ingin dinaturalisasi jadi WNI.

2. Ronaldo Kwateh

8.2 Ronaldo Kwateh | Buliran.com

Beberapa waktu lalu, viral di media sosial, soal Ronaldo Kwateh yang mendapatkan perhatian oleh tim asal Turki, Antalyaspor.

Kabar Ronaldo Kwateh diminati oleh tim Turki bukanlah hal baru. Sebelumnya, saat Timnas U-18 menggelar TC di Turki, Ronaldo kedapatan berbincang dengan sosok pria.

Konon, pria tersebut adalah pemilik klub Antalyaspor yang mengaku berminat untuk memboyong Ronaldo Kwateh main di Turki.

Baca Juga   Menimbang Sanksi Indonesia?

Namun, kala itu Ronaldo masih berusia 17 tahun. Berdasarkan aturan, pemain U-18 belum bisa menandatangani kontrak profesional lebih dari tiga tahun.

“Ya, itu (ketertarikan klub Turki) memang benar, cuma saya harus fokus. Untuk itu, sudah diurus, dan semoga bisa berjalan dengan lancar,” kata Ronaldo Kwateh saat itu.

3. Hokky Caraka

8.3 Hokky | Buliran.com

Striker Timnas Indonesia U-20, Hokky Caraka sejatinya juga sempat mencuri perhatian tim luar negeri, karena naluri mencetak gol yang tak diragukan lagi.

Sebagai jebolan Garuda Select, Hokky Caraka pernah mendapat tawaran dari sang pelatih, Dennis Wise, untuk mencarikan klub Yunani yang cocok dengan sang striker.

“Saya ditanya, bagaimana di tim baru (PSS Sleman), apa bakal dikasih jam bermain apa enggak, kalau enggak bakal dicarikan tim.”

“Ya, saya sudah dicarikan klub Yunani, sudah dapat,” ungkap striker Timnas U-20, Hokky Caraka kepada awak media kala itu.

Namun, Hokky Caraka masih terikat kontrak dengan PSS Sleman. Maka dari itu, bomber Timnas Indonesia U-20 itu belum bisa menerima tawaran dari Dennis Wise. ***