Siapa Peraih Sepatu Emas Piala Dunia Qatar 2022

Avatar Of Teddy Chaniago
5. Valencia Splash 1 | Buliran.com
Peru's Alberto Rodriguez (L) vies for the ball with Ecuador's Enner Valencia during a Copa America Centenario football match in Glendale, Arizona, United States, on June 8, 2016. / AFP / Nelson ALMEIDA (Photo credit should read NELSON ALMEIDA/AFP/Getty Images)

PIALA Dunia tak melulu terkait negara yang akan membawa pulang tropi berlapis emas sebagai wujud yang terhebat di pagelaran empat tahunan tersebut.

Namun juga menarik untuk menyimak siapa yang akan membawa pulang sepatu emas lambang top skor atau individu yang paling banyak menjebol gawang lawan.

BuliranNews menyigi, dari 19 nama yang saat ini telah dua dan tiga kali menjebol gawang lawan, tentunya menarik untuk mengetahui siapa yang akan terus melaju.

Namun demikian, dari 19 nama yang telah dua atau tiga kali menjebol gawang lawan itu, saat ini hanya tersisa 14 nama saja yang berpotensi menambah pundi-pundi golnya.

Kenapa lima nama yaitu Enner Valencia (Ekuador), Mehdi Taremi (Iran), Salem Al Dawsari (Arab Saudi), Kai Havertz dan Niclas Fullkurg dua-duanya dari Jerman harus dieliminasi?

Jawabnya adalah, negara yang mereka bela telah tersisih dari persaingan grup dan harus angkat koper kembali ke negara masing-masing.

Enner Valencia yang saat ini telah mengemas 3 gol bersama Ekuador, disisihkan oleh Belanda dan Senegal yang berhasil melaju sebagai juara dan runner up Grup A.

Mehdi Terami yang telah dua kali membobol gawang lawan, harus pulang karena persaingan di Grup B tinggal menyisakan Inggris dan Amerika Serikat untuk bersaing di babak gugur atau 16 besar.

Salem Al Dawsari yang membuat Lionel Messi menangis di laga perdana, pun harus pulang dan tak bisa menambah pundi-pundi golnya. Sebab, meski berhasil menjungkalkan tim Tango, Arab Saudi tetap berada di posisi buncit Grup C. Argentina dan Polandia lah yang lolos ke babak berikutnya.

Setali tiga uang dengan tiga nama di atas, Kai Havertz dan Niclas Fullkurg yang membela panji Die Mannschaft atau Jerman juga tak bisa menambah torehan golnya.

Baca Juga   Deretan Pelatih Bergaji Mahal di Piala Dunia 2022

Apa penyebabnya, di luar dugaan, Jerman yang diunggulkan mendampingi Spanyol di Grup E hanya berada di posisi ketiga. Ajaibnya, Jepang yang mempermalukan Jerman di lapa perdana dengan skor 1-2 menjadi pemuncak grup dengan didampingi Spanyol dengan status runner up.

Top Skor Sementara Piala Dunia 2022:

3 gol: Enner Valencia (Ekuador), Kylian Mbappe (Prancis), Cody Gakpo (Belanda), Marcus Rashford (Inggris), Alvaro Morata (Spanyol)

2 gol: Bukayo Saka (Inggris), Mehdi Taremi (Iran), Olivier Giroud (Prancis), Ferran Torres (Spanyol), Richarlison (Brasil), Lionel Messi (Argentina), Andrej Kramaric (Kroasia), Cho Gue Sung (Korea Selatan), Mohammed Kudus (Ghana), Bruno Fernandes (Portugal), Salem Al Dawsari (Arab Saudi), Kai Havertz (Jerman), Niclas Fullkurg (Jerman), Ritsu Doan (Jepang)

 

  • Teddy G Chaniago