Opta Prediksi Brasil Berpeluang Terbesar Juara Piala Dunia 2022

Avatar Of Teddy Chaniago
5. Brasil | Buliran.com

SEREMONI pembukaan dan diikuti laga perdana Piala Dunia 2022 tinggal menghitung hari. Sebanyak 32 tim nasional dari lima konfederasi akan bersaing untuk menjadi yang terbaik dalam edisi perdana Piala Dunia yang digelar di kawasan Timur Tengah tersebut.

Perusahaan penyedia statistik sepak bola, yang berbasis di Inggris, Opta, pun telah melansir prediksi dan peluang tim-tim kontestan untuk bisa mengakhiri turnamen di Qatar tersebut di tangga juara. Opta menggunakan kecerdasan buatan Stats Perform dalam menyusun prediksi Piala Dunia 2022.

Model prediksi ini memperkirakan probabilitas hasil yang diraih setiap tim di tiap laga. Probablitas itu mengacu dari pasar taruhan dan ranking tim versi Stats Perform. Peluang dan peringkat tim ini didasarkan pada sejarah tim dan catatan penampilan dalam beberapa laga terakhir.

“Model prediksi itu kemudian mempertimbangkan komposisi tim di fase penyisihan grup, kekuatan lawan yang dihadapi setiap tim, dan tingkat kesulitan yang harus dihadapi di fase gugur. Pun dengan pertimbangan posisi tim-tim unggulan,” tulis laporan BBC, Rabu (16/11).

Berdasarkan model prediksi tersebut, Brasil muncul sebagai tim yang paling difavoritkan bisa mengangkat trofi pada akhir turnamen ini. Peraih lima gelar Piala Dunia itu mengantongi persentase sebesar 15,8 persen untuk bisa merengkuh trofi Piala Dunia 2022.

Selain itu, Neymar dan kawan-kawan memiliki peluang tertinggi di antara kontestan lainnya, hingga mencapai 25,3 persen, untuk bisa melaju hingga babak final Piala Dunia 2022. Dengan model ini, Brasil, yang terakhir kali menjuarai Piala Dunia pada 2002, berpeluang besar mengakhiri puasa gelar tersebut.

Posisi kedua ditempati oleh Argentina. Lionel Messi dan kawan-kawan, yang difavoritkan bisa melaju mulus dari penyisihan Grup C, memiliki peluang sebesar 13 persen untuk mengakhiri Piala Dunia 2022 di singgasana juara.

Baca Juga   Rolls Royce Phantom untuk Semua Pungawa Arab Saudi

Posisi ketiga, keempat, dan kelima secara berurutan ditempati oleh Prancis, Spanyol, dan Inggris. Meski berada di peringkat ketiga daftar tim favorit juara Piala Dunia 2022 keluaran Opta, Prancis memiliki peluang tertinggi untuk bisa lolos ke babak 16 besar, yaitu mencapai 91 persen. Juara edisi bertahan Piala Dunia itu berada di Grup D bersama Australia, Denmark, dan Tunisia. (*/rep)