“Kampoeng Ansterdam”, Kampung Belanda di Kabupaten Garut

Avatar Of Teddy Chaniago
6. Fakta Unik Kampung Amsterdam | Buliran.com

SAAT ini, tengah viral keberadaan sebuah Kampung Belanda di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Kampung Belanda tersebut berada di Kecamatan Cilawu, tepatnya di kawasan sekitar kaki gunung Cikuray.

Disana, terdapat rumah-rumah warga dengan bangunan lawas yang merupakan rumah-rumah Belanda yang datang ke Garut sekitar tahun 1930-an. Rumah-rumah itu berdiri di tanah seluas 7 hektar dan dibangun semi permanen dengan perpaduan bilik rajutan kayu dan tembok.

Uniknya, warga yang menempati rumah-rumah peninggalan Belanda itu kebanyakan belum direnovasi. Hanya saja, sebagian warga sedikit mempercantik rumah tersebut dengan cat dan menata halaman depannya dengan tanaman.

Ternyata, tidak hanya warga pribumi saja yang menempati rumah-rumah Belanda tersebut. Namun ada juga warga keturunan Belanda yang hingga kini hidup di sana, salah satunya adalah keturunan dari Pak Andre Joseph yang bahkan sudah memiliki cucu.

Sebuah kampung yang berada di kawasan kaki gunung Cikuray tersebut dinamai Kampung Belanda atau mempunyai nama lain ‘Kampoeng Amsterdam’. Mengapa disebut demikian?

6.1 Kampuang Scaled | Buliran.com

Kampung Belanda sendiri awalnya adalah perkebunan teh yang diketahui pengelola dari kebun teh tersebut kebanyakan adalah orang-orang dari Amsterdam. Adapula yang beranggapan bahwa saat tahun 1930-an, para penjajah Belanda datang ke wilayah tersebut lalu mendirikan rumah, sehingga struktur bangunan rumah di sana adalah bangunan lawas khas rumah Belanda.

Diketahui pula, rumah-rumah Belanda tersebut berdiri diatas tanah dengan luas 7 hektar dan kini ditempati warga asli pribumi. Rumah itu terbilang unik karena hanya dibangun semi permanen yang dilengkapi dengan bilik rajutan kayu.

Suasana yang sejuk dan segar juga menyelimuti kampung tersebut, bahkan hingga saat ini pemerintah menjadikan Kampung Belanda sebagai objek wisata yang sangat ikonik di sekitar Gunung Cikuray.

Jadi, Anda dapat melakukan swafoto bersama keluarga atau kerabat, karena di Kampung Belanda terdapat beberapa tempat yang cukup Instagramable, ditambah dengan pemandangan hijau yang bertebaran di Kampoeng Amsterdam tersebut. Anda ingin berkunjung ke Kampung Belanda di Indonesia?

Demikianlah ulasan mengenai Kampung Belanda di Indonesia yang dilansir dari berbagai sumber. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan serta bermanfaat untuk Anda.***