Invasi Ukraina, Rusia Kian Terpojok

Avatar Of Teddy Chaniago
8. Uktraina | Buliran.com

BuliranNews, KHERSON  – Perang Rusia dan Ukraina telah berlangsung lebih dari delapan bulan. Namun dari data terbaru, situasi kini tak menguntungkan Rusia.

Sejak Jumat pekan lalu, Pasukan Presiden Vladimir Putin mundur dari dari Kherson. Padahal ini adalah kota terbesar yang ditaklukkan oleh pasukan Kremlin sejak meluncurkan serangan dari 24 Februari.

Mengutip Newsweek, kekalahan Rusia juga terlihat di peta. Ini merujuk perbandingan yang dilakukan koresponden ABC News, James Longman di Twitter.

Terdapat perbedaan signifikan pada pendudukan wilayah Ukraina di Maret dan November. Terlihat bagaimana Ukraina telah mendapatkan kembali 50% wilayahnya.

Secara rinci ada dua foto yang ia posting. Sebelah kiri adalah foto Maret sementara foto kanan adalah gambar November.

Tanda merah menunjukkan wilayah mana saja yang dikuasai Rusia. Di gambar kiri tanda merah Rusia bahkan mendekati Kyiv namun di November itu tak terlihat lagi.

“Inilah mengapa Ukraina menganggap kemenangan militer total adalah mungkin,” kata Longman dikutip Senin (14/11).

“Bagi mereka, bernegosiasi berarti memberikan wilayah kepada Putin. Tapi mereka telah memenangkan kembali 50% dari apa yang dia ambil pada awal perang,” tegasnya.

Sebagaimana diketahui Putin sendiri sempat berujar bersedia melakukan negosiasi dengan Ukraina dan Presiden Volodymyr Zelensky untuk menghentikan perang. Tetapi hanya jika mereka menyetujui persyaratannya.

“(Kami) siap untuk berbicara dengan Barat tentang pengurangan ketegangan, tetapi hanya jika ada proposal yang realistis berdasarkan pendekatan yang setara,” jelas pembantu Putin, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov.

Menurut Statista, Ukraina sendiri terus mendapat bantuan perang dari AS. Di mana AS telah memberi Ukraina lebih dari US$28 miliar bantuan militer, lebih dari US$15 miliar bantuan keuangan, dan hampir US$10 miliar bantuan kemanusiaan. (*/sef/cnb)

 

Baca Juga   Mogok Massal Ancam Inggris