Bhutan, Si Mungil dengan Beragam Keunikan

Avatar Of Teddy Chaniago
7. Bhutan | Buliran.com

KEUNIKAN Bhutan yang tak punya lampu lalu lintas menarik untuk diulas. Bhutan merupakan negara kecil yang menduduki posisi pertama negara paling bahagia di Asia.

Menjadi salah satu negara yang cukup tertutup di Asia membuat tidak banyak orang mengetahui keberadaannya. Bhutan terletak dikawasan Himalaya, di mana Bhutan diapit oleh 2 negara besar, yaitu China dan India.

Berikut fakta keunikan negara Bhutan yang tak punya lampu lalu lintas yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Negara kecil

Bhutan salah satu menjadi negara paling kecil. Adapun, luasnya hanya sekitar 14.800 mil persegi (38.400 kilometer persegi) wilayah. Selain itu setengah ukuran Carolina Selatan. Negara ini sedikit lebih kecil dari Swiss. Sebagian besar medan terdiri dari lereng pegunungan.

Selain itu, Bhutan terkenal dengan wilayahnya yang hijau. Hampir 70 persen wilayah di Bhutan ditutupi oleh hutan dan tidak tersentuh oleh manusia. Ini juga sejalan dengan peraturan pemerintah setempat agar dipertahankan minimal 60 persen dari wilayah hutan di Bhutan.

2. Negara terakhir memakai televisi

Bhutan adalah salah satu negara terakhir di dunia yang mengadopsi televisi. Beberapa saluran televisi diterima dari negara tetangga India.

Pasalnya, Raja memperingatkan bahwa penyalahgunaan televisi dapat merusak tradisi lama mereka. Untuk itu, sebelum ada aturan baru maka tidak ada tontonan televisi di Bhutan.

3. Selalu pakai baju tradisional

Selain melarang adanya pengrusakan hutan, pemerintah juga mewajibkan masyarakat Bhutan untuk menggunakan baju tradisional dalam kesehariannya. Untuk laki-laki, baju tradisional Bhutan disebut Gho, dan untuk perempuan disebut Kira.

4. Memiliki banyak makanan unik

Membahas keunikan sebuah negara tidak akan lepas dari yang namanya kuliner. Jika Anda akan berwisata ke Bhutan, jangan lupa untuk mencicipi salah satu makanan favorit turis satu ini, yaitu makanan bernama Jasha Maru.

Baca Juga   Sebuah Desa Dibakar Junta Militer Myanmar

Jasha Maru adalah semur ayam Bhutan yang sering juga disebut sebagai kari ayam. Campuran bumbu khas Bhutan dengan jahe dan rasa pedas yang kuat akan menambah keunikan rasanya. Biasanya, Jasha Maru dimakan bersama Nasi Coklat Bhutan.

5. Tak punya lampu lalu lintas

Ibu kota dari Bhutan ini tidak menggunakan lampu lalu lintas untuk mengatur lalu lalang kendaraan yang melintas di setiap jalan-jalannya. Kebayang kan kacaunya kayak gimana?

Maka, untuk mengganti fungsi lampu lalu lintas, banyak polisi berjaga di setiap persimpangan utama. Para polisi harus berdiri sepanjang waktu untuk mengarahkan lalu lintas dengan menggerakkan tangan mereka dengan gerakan yang berlebihan. Wah sungguh melelahkan sekali ya!