Turnamen Sepakbola Paling Bergengsi yang Selalu Dinanti

Avatar Of Teddy Chaniago
8. Bola Scaled | Buliran.com

KOMPETISI sepak bola selalu dinanti oleh jutaan orang setiap tahunnya di seluruh dunia. Berikut adalah lima turnamen sepak bola yang dinilai paling bergengsi di seluruh dunia.

Sepak bola adalah jenis olah raga yang paling banyak digemari oleh seluruh orang di dunia. Peminatnya pun merata dari berbagai kelompok, mulai dari usia anak-anak hingga dewasa maupun laki-laki dan perempuan.

Maka dari itu, pertandingan sepak bola pun selalu dinanti-nantikan. Dari berbagai turnamen yang ada, berikut adalah turnamen sepak bola paling bergengsi di seluruh dunia.

World Cup

8. World Cup | Buliran.com

FIFA World Cup memang hanya dihelat setiap empat tahun sekali. Namun, lamanya penantian itu dirasa cukup layak. Pasalnya, kompetisi kelas dunia ini menampilkan timnas terbaik dari seluruh penjuru dunia yang sebelumnya telah melalui tahapan kualifikasi selama tiga tahun dan hanya menyisakan 20 tim terbaik untuk berlaga di kompetisi utama.

Piala Dunia pertama diselenggarakan pada 1930 dan sempat ditiadakan pada 1942 dan 1946 karena adanya Perang Dunia II. Selama 21 Piala Dunia, hanya ada 8 timnas yang berhasil memenangkan turnamen ini. Adapun Brasil menjadi negara yang paling banyak mengantongi titel juara sebanyak lima kali.

UEFA Champion League

8. Uefa Champions League | Buliran.com

Union of European Football Associations alias UEFA Champions League merupakan kompetisi sepak bola yang diselenggarakan oleh UEFA setiap tahun. Dimulai pada 1992, ajang ini menggantikan Piala Champions Eropa atau Piala Eropa yang sudah bergulir sejak 1995.

Peserta UEFA Champion League adalah klub-klub di seluruh Eropa yang berada di divisi tertinggi. Klub-klub tersebut dapat mengikuti kompetisi ini berdasarkan kinerja dari liga maupun kejuaraan domestik masing-masing. Real Madrid adalah klub yang paling banyak memenangkan kejuaraan ini sebanyak 13 kali, sedangkan pemain dengan skor gol terbanyaknya adalah Cristiano Ronaldo.

Baca Juga   Saga Kylian Mbappe : PSG Tolak Madrid, Mbappe Tolak PSG

Copa America

8. Copa America 2019 Logo 4 | Buliran.com

Copa America adalah kompetisi sepak bola laki-laki utama untuk negara-negara CONMEBOL, yakni Brasil, Argentina, Uruguay, Kolombia, Chili, Venezuela, Peru, Bolivia, dan Ekuador. Namun sejak 1993, Copa America diikuti oleh 12 negara—10 negara CONMEBOL dan 2 negara dari konfederasi lainnya.

Kompetisi ini awalnya diselenggarakan dalam rangka memeriahkan ulang tahun kemerdekaan negara Argentina. Dimulai sejak 1916, Copa America biasanya diadakan setiap dua tahun sekali walau intervalnya dapat berubah-ubah. Uruguay masih menjadi negara dengan titel juara terbanyak (15), disusul Argentina (14) dan Brasil (9).

FA Cup

8. Fa Cup | Buliran.com

The Football Association (FA) Cup alias Piala FA adalah kompetisi sepak bola tahunan di Inggris. Diselenggarakan kali pertama pada musim 1871-1872, FA Cup menjadi turnamen sepak bola paling tua di dunia.

Sebanyak 43 tim telah memenangkan FA Cup sejak perhelatan perdana lebih dari seabad lalu. Sampai saat ini, Arsenal masih menjadi klub dengan titel juara FA Cup paling banyak dengan jumlah kemenangan sebanyak 14 kali—2 kemenangan lebih unggul dari Manchester United.

Copa del Rey

8. Copa Del Rey | Buliran.com

Copa del Rey diadakan kali pertama pada tahun 1903 sehingga menjadikannya sebagai kompetisi sepak bola Spanyol paling tua. Ajang ini diselenggarakan setiap tahun. Edisi pertama Copa del Rey hanya diikuti oleh empat klub: FC Barcelona, Madrid, Club Espanyol de Futbol, dan Club Bizcaya (gabungan Athletic Club dan Bilbao Club) alias Athletic Bilbao.

Barcelona merupakan klub dengan gelar juara Copa del Rey paling banyak. Koleksi 31 titel itu terpaut cukup jauh dengan pesaing terdekatnya, Bilbao (24), maupun musuh bebuyutannya, Real Madrid (19).

Setiap tahunnya, jutaan orang di seluruh dunia menunggu datangnya kompetisi sepak bola ini. Beberapa di antaranya bahkan tak ragu untuk melakukan perjalanan jauh demi melihat tim idola bermain secara langsung di lapangan.***