Deretan Negara Paling Terbelakang di Dunia

Avatar Of Teddy Chaniago
6. Masyarakat | Buliran.com

SEKADAR diketahui, negara terbelakang adalah negara dengan kemiskinan yang kronis dan pertumbuhan ekonominya kurang baik. Istilah ‘negara terbelakang’ ini sebenarnya tidak resmi digunakan, namun yang masuk dalam daftar ini yaitu negara yang tidak termasuk dalam klasifikasi negara berkembang atau negara kurang berkembang.

Negara terbelakang disebut sebagai negara berpenghasilan rendah oleh Bank Dunia. Perserikatan Bangsa-Bangsa mengeluarkan daftar negara yang terbelakang, terdiri dari 46 negara di dunia.

Berikut daftar 7 negara di dunia paling terbelakang sekaligus paling miskin di dunia.

1. Burundi

Burundi termasuk negara yang terbelakang di dunia menurut daftar yang dikeluarkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa. Masalah utama pada negara ini yaitu kelangkaan pangan yang dirasakan penduduknya.

6.1 Burundi | Buliran.com

Sekitar 90% dari 12 juta penduduknya bergantung pada pertanian subsisten dan sebagian besar hidup dalam kemiskinan. Fasilitas air jenis dan listrik juga masih sangat sedikit di negara ini. Kondisi diperparah dengan adanya pandemi dan perang di Ukraina.

2. Sudan

Sudan Selatan merupakan negara baru yang berada di kawasan Afrika Utara. Negara ini baru resmi berdiri pada 9 Juli 2011, enam tahun setelah berakhirnya konflik saudara di Sudan. Sudan Selatan tergolong negara yang terbelakang. Sebenarnya bisa saja negara ini menjadi negara berkembang dengan kekayaan sumber dayanya.

6.2 Sudan Selatan | Buliran.com

Namun, faktanya berbanding terbalik, kekayaan alam Sudan Selatan tidak mendorong kemajuan negara ini, yang terjadi malah perpecahan sosial dan politik, korupsi hingga kurang pertumbuhan ekonomi. Sudan Selatan merupakan salah satu negara yang terbelakang.

3. Afrika Tengah

Republik Afrika Tengah diklaim sebagai salah satu negara termiskin di dunia. Ada sekitar 70% penduduk yang hidup di bawah garis kemiskinan. Terjadinya perang Ukraina memperburuk situasi ekonomi negara ini.

Baca Juga   Rusia Tuduh AS Pancing Keributan di Ukraina

6.3 Afrika Tengah | Buliran.com

Bahan pangan dan kebutuhan pokok naik. Afrika Tengah menghadapi tingkat kerawanan pangan terparah sepanjang sejarah negara itu. Tak heran, negara ini termasuk salah satu negara yang terbelakang.

4. Kongo

Republik Demokratik Kongo sempat mengalami kekacauan ketidakstabilan politik dan kekerasan yang terjadi terus-menerus. Negara ini sempat membaik pada tahun 2019. Akan tetapi Etienne Tshisekedi, presiden baru Kongo kala itu membuat kekacauan.

6.4 Republik Demokratik Kongo | Buliran.com

Dia menggelapkan dana publik sebesar USD138 juta. Hal itu menyebabkan tiga perempat dari 90 juta penduduk harus hidup dengan uang kurang dari USD2 sehari. Kongo menjadi negara yang terbelakang dan paling miskin.

5. Somalia

Dalam tiga dekade, Somalia menghadapi kekerasan konflik internal, kekeringan dan banjir, kelaparan, dan penyakit. Angka pengangguran di Somalia juga cukup besar. Pertumbuhan PDB juga terhambat karena adanya pandemi di tahun 2020.

6.5 Somalia | Buliran.com

Namun, Bank Dunia mengatakan bahwa Somalia bisa memiliki masa depan yang lebih cerah dengan meningkatkan teknologi di berbagai sektor. Somalia berada dalam daftar negara terbelakang dan didera kemiskinan.

6. Afghanistan

Afghanistan menjadi negara miskin di dunia dan terbelakang. Kemiskinan disebabkan akibat perang saudara yang tidak kunjung berakhir. Pendapatan per kapita di negara kawasan Asia ini hanya sekitar USD508,80 saja.

6.6 Afghanistan | Buliran.com

Meski Amerika Serikat sudah memberi bantuan, namun kemiskinan di Afghanistan tetap tidak teratasi. Bank Dunia juga memperkirakan Afghanistan akan berada di bawah garis kemiskinan dengan pendapatan hanya USD0,94 per hari.

7. Kirgistan

Terdapat 20,1% penduduk Kirgistan yang hidup di bawah garis kemiskinan nasional pada tahun 2019. Tercatat pada tahun 2020, pendapat per kapita Kirgistan hanya USD1173,61.

6.7 Kirgistan | Buliran.com

Menurut Bank Dunia, faktor yang mempengaruhi kemiskinan ini akibat pandemi dan pendapatan tenaga kerja, peralihan dari pekerja migran, dan kenaikan harga pangan. Selain miskin, negara ini juga masuk dalam daftar negara terbelakang. ***

Baca Juga   Puluhan Nyawa di Guinea-Bissau Melayang Gegara Pemogokan Tenaga Kesehatan