Jagung Bose, Kuliner Lezat Bergizi Kebanggaan Labuan Bajo

7. jagung bose | Buliran.com

DAERAH Labuan Bajo NTT tak hanya terkenal dengan keindahan pesona alamnya. Daerah ini juga terkenal dengan jagung. Karena produsen jagung, tentu saja ada yang terkenal dari Labuan Bajo yang berasal dari jagung.

Ya, namanya . Jagung ini sudah menjadi makanan pokok pengganti nasi pada peradaban dan kebudayaan masyarakat di Labuan Bajo secara turun temurun.

Jagung bose ini sudah ada sejak lama dan sudah menjadi tradisi orang NTT. Jagung Bose merupakan kuliner yang wajib untuk dicicipi saat berada di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Jagung bose juga terkadang disebut dengan katemak, karena rasanya tawar, sama seperti halnya nasi. Cocok disantap dengan karmanaci dan daging se'i. Daging se'i ini adalah daging yang diasap yang juga merupakan makanan khas yang berasal dari Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Menurut tradisi masyarakat setempat, jagung bose pantang (pemali) dimakan dengan daging se'i saja. Untuk menetralkan pemali ini, jagung bose dan daging se'i harus didampingi lawar .

Inilah salah satu penyebab mengapa lawar ikan akan selalu hadir dalam kuliner Timor. Lawar ikan dibuat dari teri segar (mentah) yang direndam cuka selama 10 menit, dan dibumbui irisan bawang merah, lombok, garam, serta perasan jeruk nipis.

Proses Pembuatan Jagung Bose Labuan Bajo

Prose pembuatan jagung bose cukup rumit karena jagung ini dipanen setelah kurang lebih empat bulan lamanya. Setelah di panen, lalu jagung ini dibersihkan untuk memisahkan jagung yang rusak dan yang baik. Biasanya jagung yang rusak tidak dibuang, tetapi diberikan kepada hewan ternak.

Setelah itu, jagung yang baik akan dikemas dalam ikatan (futpena) Bahasa dawan (daerah). Kemudian jagung ini dikemas dalam rumah bulat dan diasapkan untuk menjaga kualitas jagung agar tidak rusak dan terhindar dari hewan yang mengganggu.

Baca Juga   Kaleo Jariang, Masakan Baheula yang Selalu Dirindu

Jagung ini nantinya akan ditumbuk menggunakan lesung yaitu seperti wadah tempat menaruh jagung yang akan ditumbuk dan alung yaitu kayu panjang untuk menumbuk jagung sampai terlepas kulit jagung dan dibersihkan menggunakan niru (tapis) sampai bersih.

Biasanya jagung bose ini diolah berupa bubur jagung unik yang juga merupakan hidangan tradisional dari Nusa Tenggara Timur. Dalam hidangan ini juga, terkandung campuran kacang merah dan kacang tanah di dalamnya. Kesan gurih yang ada pada bubur ini, dikarenakan hidangan ini mengandung juga santan kelapa.

Bahan-bahan

Satu kaleng susu jagung bose
Segenggam kacang nasi putih, boleh yang warna hitam atau merah
Segenggam kacang hijau
Segenggam kacang tanah
Setengah butir kelapa diambil santannya
Satu mangkuk kecil irisan labu kuning
secukupnya
Garam secukupnya
Penyedap rasa secukupnya

Langkah Pembuatan

Cuci bersih jagung bose bersama kacang nasi sampai bersih
Masak sampai setengah jam, lalu masukkan kacang hijau yang telah dicuci bersih. Masak sampai benar-benar matang semua. Kira-kira 45 menit lagi. Ingat, sesekali harus dicek untuk tambah air kalo sudah susut, jangan sampai hangus di dasar panci/wajan.

Masukkan labu kuning dan kacang tanah. Tunggu lima menit, kemudian masukkan santan secukupnya. Kalo mau hasil jagung bose nanti banyak kuahnya, air santannya dibuat banyak.

Pakai santan ataupun tidak, tetap tunggu 15 menit sampai labu kuning dan kacang tanahnya matang. Tapi jangan lewat dari itu, karena nanti tidak terlalu terasa santannya lagi.
Masukkan garam, tes rasa. Tambahkan penyedap rasa (jika suka).

Karena rasanya yang aduhai, dipastikan sepiring Jagung Bose tidak akan cukup membuat Anda kenyang. ***

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *