Pantai Ngurtafur, Pesona Menawan dari Pulau Rempah

  • Share

PANTAI NGURTAFUR, mungkin agak susah menyebutnya. Padahal, pantai yang berada di gugusan kepulauan Kei, Maluku Tenggara ini, memiliki pesona yang ciamik dan pastinya tak akan ditemukan di daerah lainnya di Indonesia.

Pantai Ngurtafur terbilang pantai yang unik dengan pemandangan laut biru luas yang luar biasa. Berada di jajaran Kepulaun Kei yang merupakan bagian dari gugusan pulau yang berada di antara Laut Seram, Laut Banda, dan Laut Arafuru. Kepulauan ini terbagi dua, yaitu Pulau Kei Besar dan Pulau Kei Kecil.

Pantai Ngurtafur memang belum seterkenal Pantai Bora-Bora yang ada di Samudera Pasifik. Namun, dari segi keindahan, Ngurtafur tidak kalah indah. Bagaimana tidak, Pantai Ngurtafur memiliki pantai gosong yang menjorok atau memanjang ke tengah lautan tanpa putus sepanjang 2 km dan lebar 7 meter.

Ketika berada di pantai ini, Anda serasa berjalan di tengah lautan luas padahal sesungguhnya di atas hamparan pasir putih halus yang membelah pantai menjadi dua sisi. Tidak hanya itu, air laut di Pantai Ngurtafur sangat bersih dan berwarna biru.

Di pantai ini juga terdapat penyu belimbing yang disebut tabob oleh masyarakat setempat. Penyu jenis ini dilindungi dan memiliki penangkaran di sekitar pantai yang dikelola oleh World Wildlife Fund (WWF).

Bahkan, jika beruntung Anda bisa bertemu segerombolan burung Australian pelikan yang sedang bermigrasi ke Maluku dari tempat tinggalnya di Australia dan Papua New Guinea. Pemandangan sekawanan burung pelikan ini merupakan suguhan istimewa ketika Anda menapakkan kaki di Pantai Ngurtafur.

Di pantai jernih yang dihiasi oleh rimbun dan hijaunya pepohonan ini, Anda bisa bersantai merasakan halusnya sentuhan pasir pantai di telapak kaki. Jika mau, Anda juga bisa melakukan kegiatan lainnya, seperti berenang dan snorkeling.

Baca Juga   Sempolet, Papeda Tanah Melayu

Sementara, pemandangan daratan pantai ini begitu memesona, pemandangan bawah lautnya pun tidak kalah memukau mata. Terumbu karangnya dapat dilihat langsung dari atas kapal. Berbagai spesies ikan juga terlihat hilir mudik kian kemari seolah ingin mengajak Anda bermain.

Untuk bisa menikmati berbagai keindahan Pantai Ngurtafur memang membutuhkan perjalanan yang tidak sebentar. Namun, percayalah, ketika Anda tiba, semua keletihan akan terbayarkan karena pantai ini bukan gurauan juga khayalan.

Disarankan jika ingin mengunjungi tempat ini, Anda membawa perbekalan makanan dan minuman karena tidak ada warung di sekitar Pantai Ngurtafur. Waktu terbaik mengunjunginya adalah antara April hingga Mei dan Oktober hingga Desember, saat cuacanya terbilang cerah dan ombak pantai cenderung tenang. ***

  • Share