Ayo Baca, Bisa Nggak? Ini 3 Kata Terpanjang dalam Bahasa Indonesia

Avatar Of Teddy Chaniago
15. Kata.jg | Buliran.com

SEMUA kita pasti tahu, Bahasa Indonesia terdiri dari banyak kata yang hampir setiap harinya dituturkan oleh lebih dari 300 juta penutur. Hampir semua kata dalam bahasa Indonesia tercantum dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Bahkan, pada KBBI Edisi V atau edisi terbaru, jumlah kata dalam bahasa Indonesia mencapai 110.538 kata.

Dari sekian banyak kata dalam bahasa Indonesia, ada kata yang hanya berjumlah tiga huruf, yaitu kata “apa” dan “ala” yang memiliki arti lebih dari satu makna. Dari sekian banyak kata tersebut, juga terdapat kata yang terpanjang karena terdiri dari 31 huruf.

Dilansir dari laman Instagram Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), berikut tiga kata terpanjang di KBBI:

1. Heksakosioiheksekontaheksafobia

Menurut KBBI, arti heksakosioiheksekontaheksafobia adalah fobia terhadap angka 666. Kata ini menjadi yang terpanjang dalam kamus bahasa Indonesia, terdiri dari 31 huruf.

Kata heksakosioiheksekontaheksafobia berasal dari gabungan sejumlah kata dari berbagai bahasa. Kata ini berasal dari bahasa Yunani, yakni hexakosioi yang berarti 600, hexekonta yang berarti 60, dan hexa yang berarti 6, serta kata phobia dalam bahasa Inggris.

2. Paraskavedekatriafobia

KBBI mengartikan paraskavedekatriafobia sebagai fobia terhadap hari Jumat tanggal 13. Kata ini termasuk yang terpanjang di KBBI dengan terdiri atas 22 huruf.

Arti kata ini berhubungan dengan adanya kepercayaan di beberapa negara, seperti Inggris Raya, Amerika, dan Spanyol yang menganggap bahwa hari Jumat yang jatuh pada tanggal 13 merupakan hari sial.

Bentuk khusus atau turunan kata dari triskaidekafobia (berasal dari bahasa Yunani, tris=3, kai= dan, deka= 10) yang berarti fobia terhadap angka 13, berkaitan dengan keyakinan atau mitos.

3. Mempertanggungjawabkan

Baca Juga   Deretan Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

Dalam KBBI, artinya mempertanggungjawabkan berarti memberikan jawab dan menanggung segala akibatnya (kalau ada kesalahan) atau memberikan pertanggungjawaban. Total huruf dari kata mempertanggungjawabkan adalah 22 huruf.

Kata ini berasal dari kata tanggung jawab dan terdiri atas tujuh suku kata, yakni mem.per.tang.gung.ja.wab.kan.

Kata mempertanggungjawabkan akan lebih panjang jika ada imbuhan “-nya” di belakang. Jadi, bisakah kamu membaca dan mengingat kata terpanjang yang ada dalam KBBI tersebut?