Wajib Diketahui! Ini Besaran Biaya Kuliah di 10 PTN Terbaik Indonesia

Avatar Of Teddy Chaniago
7. Uang Kuliahok | Buliran.com

CALON mahasiswa pasti mendambakan bisa melanjutkan kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN) terbaik di Indonesia. Jika harapannya terwujud, akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi mahasiswa dan keluarga.

Kuliah di PTN terbaik , selain kualitas pendidikan yang sudah pasti berkualitas, fasilitas lengkap, dan terbaik juga tersedia dan siap digunakan. Namun, seperti apa perbandingan biaya dari masing-masing PTN tersebut? Berikut adalah perkiraan besaran biaya kuliah di 10 PTN terbaik yang ada di Indonesia.

1. Universitas Indonesia (UI), Depok

7.1 Universitas Indonesia | Buliran.com

Universitas Indonesia (UI) menempati urutan pertama sebagai universitas terbaik di Indonesia versi Webometrics. Kampus bonafide yang terletak di Depok, Jawa Barat ini setidaknya memiliki 15 fakultas dengan puluhan jurusan.

Adapun fakultas yang ditawarkan UI terdiri dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Fakultas MIPA, Fakultas Pendidikan Vokasi, FISIP, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Farmasi, Fakultas Psikologi, FEB, Fakultas Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Komputer, dan Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Terkait uang kuliah, tentunya UI mematok tarif berbeda untuk tiap-tiap fakultas dan berdasarkan kelas. Melansir laman UI, kisarannya antara Rp0 sampai Rp500 ribu per semester untuk kelas 1, dan Rp6 juta hingga Rp7 juta per semester untuk kelas 6. Bahkan, ada yang menyentuh angka Rp20 juta per semester (untuk kelas 5) yang dipatok bagi mahasiswa Sains dan Teknologi Kesehatan.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta

7.2 Universitas Gadjah Mada | Buliran.com

Selanjutnya adalah Universitas Gadjah Mada (UGM) yang ada di Yogyakarta. Menurut informasi yang ada dalam laman resmi UGM, terdapat 8 golongan UKT (Uang Kuliah Tunggal) dan sesuai dengan kemampuan peserta didik.

Adapun biaya pendidikan yang wajib dibayarkan adalah Rp500 ribu per semester untuk golongan 1 dan maksimal Rp26 juta per semester untuk golongan 8. Jika dilihat dari daftar nominal UKT yang diberikan pihak UGM, golongan 1 dan 2 pada semua fakultas dipatok dengan harga sama, yakni Rp500 ribu serta Rp1 juta. Perbedaan terjadi mulai dari golongan 3 hingga 8, tergantung kebijakan tiap-tiap fakultas.

Fakultas Kedokteran adalah yang termahal mematok UKT untuk golongan 8, yakni Rp26 juta. Lain halnya dengan program studi Bahasa dan Kebudayaan Korea serta Pariwisata yang menjadi prodi dengan UKT termurah di UGM (untuk golongan 8). Sebab, program studi tersebut hanya mematok tarif Rp8 juta per semester.

Baca Juga   Kabar Gembira untuk Semua, Pemerintah Perpanjang Subsidi Kuota Internet

3. Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung

7.3 Institute Teknologi Bandung | Buliran.com

Salah satu perguruan tinggi negeri terkenal di Bandung, Institut Teknologi Bandung (ITB), mematok uang kuliah sebesar Rp1 juta per semester untuk golongan UKT 1.

Bagi mahasiswa yang masuk dalam golongan UKT tertinggi, yakni golongan 5, mahasiswa wajib membayar uang kuliah sebesar Rp25 juta per semester. ITB memiliki banyak fakultas yang memang fokus kepada teknik. Contohnya adalah Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM), Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB), Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI), dan Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan atau FTSL, serta masih banyak lagi. Masing-masing fakultas memiliki setidaknya 2 sampai 5 program studi.

4. IPB University, Bogor

7.4 Ipb University | Buliran.com

IPB University di Bogor masuk dalam jajaran PTN terbaik di Indonesia. Sama seperti PTN lain, UKT golongan diterapkan di IPB untuk memastikan berapa biaya kuliah yang harus dibayarkan mahasiswa. Menurut informasi biaya kuliah yang disampaikan IPB dalam laman resminya, kampus ternama itu memberlakukan 5 golongan UKT.

Di golongan pertama, mahasiswa wajib membayar Rp2.400.000 per semester. Sementara itu, mahasiswa yang masuk dalam golongan 5 diwajibkan untuk membayar uang kuliah sebesar Rp10 juta sampai Rp12 juta per semester. Fakultas Kedokteran Hewan atau FKH adalah fakultas di IPB yang paling mahal mematok uang kuliah, yakni Rp12 juta.

Sampai hari ini, IPB tercatat memiliki 9 fakultas dan 1 sekolah bisnis. Adapun daftar fakultas di IPB adalah Fakultas Ekologi Manusia, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Fakultas Teknologi Pertanian, FMIPA, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Peternakan, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Kehutanan dan Lingkungan, serta Fakultas Pertanian.

5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya

7.5 Institut Teknologi Sepuluh Nopember | Buliran.com

Jika calon mahasiswa berencana untuk melanjutkan pendidikan ke Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), maka wajib memperhatikan gambaran biaya pendidikan yang diberikan. Berbagai sumber menyebut, ITS memberlakukan 7 golongan UKT bagi mahasiswanya.

Bagi mereka yang masuk dalam kategori 1, UKT yang harus dibayar adalah Rp500 ribu per semester. Sementara itu, mahasiswa yang tergolong dalam kategori terakhir alias 7, harus membayar uang kuliah sebesar Rp7.500.000 per semester. Laman ITS menyebut, banyak program studi beragam yang bisa dipilih calon mahasiswa.

Baca Juga   Sekolah Indonesia Kota Kinabalu Raih Emas di Ajang Sains Internasional

Contohnya adalah teknik sipil, teknik metalurgi, teknik pangan, teknik sistem dan industri, teknik kimia, teknik fisika, teknik mesin, biologi, aktuaria, matematika, kimia, fisika, statistika, dan masih banyak lagi.

Sementara itu, ITS juga mempunyai berbagai fasilitas lengkap yang bisa diakses seluruh mahasiswa, yakni pusat kesehatan dan medis, asrama mahasiswa, fasilitas olahraga lengkap, akses internet memadai, kantin, Masjid, hingga minimarket.

6. Universitas Padjadjaran (Unpad), Bandung

7.6 Universitas Padjadjaran | Buliran.com

Universitas Padjadjaran (Unpad) merupakan kampus terkenal yang menjadi incaran banyak calon mahasiswa. Selain karena kualitas PTN dan pendidikannya yang baik, Unpad juga berada di Bandung yang notabene menjadi kota favorit bagi banyak masyarakat di Indonesia.

Uang kuliah yang dipatok di Unpad juga sangat beragam, mulai dari Rp6 juta sampai Rp20 juta per semester, tergantung dari fakultas yang dipilih. Adapun fakultas yang dimiliki Unpad terdiri dari FEB, Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran, FMIPA, Fakultas Pertanian, FISIP, Fakultas Peternakan, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi, dan masih banyak lagi.

Per tahun 2020, universitas ini menampung sekitar 15 ribu mahasiswa, yang terdiri dari program sarjana, kelas internasional, profesi, magister, doktoral, spesialis, dan subspesialis.

7. Universitas Brawijaya (UB), Malang

7.7 Universitas Brawijaya | Buliran.com

Beralih ke Jawa Timur, Universitas Brawijaya di Malang juga masuk dalam jajaran PTN top negeri ini. Melansir informasi yang ada dalam laman resmi UB, kampus ini menerapkan UKT kelompok yang terdiri dari 1 sampai 6.

Bagi mahasiswa yang sudah masuk ke golongan 1 dan 2, semua fakultas mematok biaya pendidikan seragam, yakni Rp500 ribu serta Rp1 juta per semesternya. Perbedaan mulai terlihat pada kelompok 3 sampai 6, di mana besaran uang pendidikan disesuaikan dengan fakultas pilihan mahasiswa.
Dari sekian banyak fakultas, Fakultas Kedokteran adalah fakultas dengan biaya pendidikan tertinggi, yakni Rp23 juta per semester. Sementara, fakultas yang biaya pendidikannya paling murah adalah FIB (Fakultas Ilmu Budaya), yakni Rp4.680.000 per semesternya.

8. Universitas Airlangga (Unair), Surabaya

7.8 Universitas Airlangga | Buliran.com

Masih dari Jawa Timur, ada Universitas Airlangga (Unair) yang menjadi salah satu PTN unggulan Indonesia. Kampus yang terletak di Gubeng, Surabaya ini memiliki biaya pendidikan berbeda-beda di setiap fakultasnya.

Baca Juga   Anda Ingin Kuliah di Luar Negeri?, Ini Deretan Beasiswa Bergengsi yang Bisa Didapat Guys!!

Selain itu, perbedaan biaya pendidikan Unair juga berpatokan dengan golongan mahasiswa yang dibagi atas 4. UKT golongan pertama dibagi lagi menjadi 3, yakni IA, IB, dan IC. Untuk UKT IA, IB, dan IC, masing-masing fakultas menetapkan biaya seragam, yakni Rp500 ribu sampai Rp 2.400.000 per semester.

Sementara itu, untuk golongan II sampai IV, besaran biayanya berbeda tergantung dari masing-masing fakultas. Menurut laman resmi Unair, fakultas dengan nilai UKT termahal (pada golongan IV) adalah Kedokteran Gigi, yakni Rp21 juta per semester. Adapun fakultas yang mematok biaya pendidikan terendah pada golongan IV adalah FISIP dengan Rp9 juta per semester.

9. Universitas Andalas (Unand), Padang

7.9 Universitas Andalas | Buliran.com

Di Pulau Sumatera, salah satu PTN tersohor dan menjadi favorit adalah Universitas Andalas (Unand) di Padang, Sumatera Utara. Unand mempunyai berbagai macam fakultas dan cukup beragam. Mulai dari Fakultas Hukum, Pertanian, Kedokteran, Hukum, FMIPA, Ekonomi, Peternakan, FISIP, Ilmu Budaya, Farmasi, Teknologi Pertanian, dan masih banyak lagi.

Unand juga menerapkan UKT kelompok, yang terdiri dari kelompok 1 sampai 7. Fakultas dengan biaya pendidikan tertinggi adalah Kedokteran dan Kedokteran Gigi dengan masing-masing Rp12 juta per semester (untuk kelompok 7). Sementara itu, mahasiswa yang masuk dalam golongan 1 dan 2 hanya membayar masing-masing Rp500 ribu dan Rp 1juta per semester.

10. Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Aceh

7.10 Universitas Syiah Kuala | Buliran.com

Selanjutnya adalah Universitas Syiah Kuala atau Unsyiah di Aceh. PTN terkenal dan favorit ini memberlakukan UKT golongan, yang terdiri dari golongan 1 sampai 7.

Dalam informasi yang ada di laman resmi Unsyiah, mahasiswa yang masuk dalam kategori atau kelompok pertama wajib membayar uang kuliah dengan kisaran Rp500 ribu sampai Rp1 juta per semester. Sementara itu, biaya pendidikan berbeda mulai diterapkan pada kelompok 2 sampai 7, sesuai dengan fakultas yang dipilih.

Fakultas yang ada di Unsyiah pun beragam, contohnya adalah Fakultas Teknik, FEB. Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Hukum, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Peternakan, Fakultas Kedokteran, FMIPA, FISIP, Fakultas Kedokteran Gigi, dan Fakultas Perawatan. ***