Belanja Online dengan Sistem COD, Tolong Catat Plus dan Minusnya Guys

  • Share

BELAKANGAN INI, berbelanja secara online menjadi semakin digandrungi. Sistem pembayarannyapun semakin beragam. Salah satunya yaitu sistem pembayaran COD atau tatap muka. Meski terkesan memudahkan, namun sistem pembayaran ini juga memiliki kekurangan.

Dilansir dari laman Kargo Tech, Startup Logistik di Indonesia, berikut kelebihan dan kekurangan sistem Pembayaran COD.

Kelebihan Sistem Pembayaran COD:

Pembelian produk dapat dikontrol sendiri apakah barang sesuai dengan yang diinginkan atau tidak.
Barang yang tidak sesuai dapat dikembalikan dan transaksi dapat dibatalkan, dengan begitu Anda tidak perlu menyesal telah membelinya jika barang tidak sesuai.
Terhindar dari penipuan.
Dapat melakukan pembayaran dengan langsung atau cash.
Membuktikan kualitas toko dan produk dengan metode COD
Lebih banyak mengundang pembeli karena metode ini terpercaya dan sangat aman.
Melihat kelebihan yang dirasakan oleh konsumen cukup banyak, ternyata metode satu ini juga mempunyai kekurangan, apalagi kekurangan tersebut dirasakan banyak oleh para kurir, berikut penjelasannya.

Kekurangan Sistem Pembayaran COD:

Kerugian dirasakan oleh para kurir, seperti contohnya pada saat pengiriman diantarkan rumah dari calon pembeli kosong, atau tidak menepati janji pada saat ingin melakukan pertemuan. Apalagi dengan sistem COD, harus konsumen itu sendiri yang menerima barang, karena ketentuan dari sistem ini pembayaran harus dilakukan langsung secara cash, sehingga pertemuan tidak bisa diwakilkan.

Konsumen tidak mengaku karena barang tidak sesuai dengan yang diinginkan. Bayangkan bila kurir sudah jauh-jauh mengantarkan barang besar yang belum tentu akan dibayarkan dan diambil oleh konsumen, tentu akan menyusahkan kurir dan menghambat pengiriman lainnya.

Melakukan tawar menawar memang merupakan definisi dari COD itu sendiri, namun untuk metode COD yang dilakukan bukan dengan penjual tentu melakukan tawar menawar tidak bisa dilakukan. Masih banyaknya calon konsumen yang menawar harganya tentu perlu edukasi lebih lanjut agar tidak menyusahkan para kurir yang sudah mengantarkan barangnya.

Baca Juga   Sarat akan Sejarah dan Perjuangan, Ini 5 Merk Sepeda Onthel Terbaik

Metode cash yang tujuannya agar membuat konsumen percaya dengan barang yang dibelinya kadang suka disepelekan sehingga banyak kurir yang sudah datang ke rumah namun konsumen sendiri tidak memegang cash sehingga mereka harus mengambil uang tunai dulu ke ATM, tentu hal itu akan merugikan kurir yang harus melanjutkan perjalanan.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan sistem pembayaran COD pada belanja online. Pembayaran jenis ini lebih menguntungkan dari sisi konsumen karena dapat menghindari Tindakan penipuan atau barang yang tidak sesuai dengan pesanan. Namun, dari sisi kurir, sistem pembayaran ini sangat merepotkan bahkan merugikan.**

  • Share