Buliranlovers! Jauhkan HP dari Peraduan Anda!

Avatar Of Teddy Chaniago
5. Hp | Buliran.com

HANDPHONE (HP) sudah menjadi adiksi bagi sebagian besar manusia modern, terlebih banyak aspek dalam kehidupan sehari-hari dapat diakses dan diselesaikan melalui sentuhan layar HP. Akibat ketergantungan tersebut, tak jarang orang terus-terusan menggunakan HP dari bangun hingga menjelang tidur.

Banyak orang yang meletakkan HP-nya di bawah bantal saat tidur atau setidaknya tidur berdampingan dengan HP di sebelahnya. Hal itu dilakukan dengan alasan agar dering alarm terdengar jelas hingga memudahkan untuk memeriksa HP setelah bangun tidur. Padahal, tidur dengan posisi yang berdekatan dengan HP bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Lalu, benarkah tidur di dekat HP bisa memicu tumor otak?

Potensi terjadinya tumor otak akibat sering tidur dekat HP masih menjadi perdebatan di kalangan medis. Melansir dari Mayoclinic, hingga saat ini masih belum ada bukti ilmiah yang menyatakan bahwa HP secara langsung dapat menyebabkan tumor otak.

Namun, Badan Internasional untuk Penelitian Kanker (IARC) yang merupakan bagian dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), mengklasifikasikan medan elektromagnetik yang dihasilkan oleh HP sebagai potensi karsinogenik atau dapat jadi penyebab kanker bagi manusia. Meskipun demikian, penelitian lebih lanjut terkait hal ini masih dibutuhkan.

Selain itu, kebiasaan tidur di dekat HP dapat memengaruhi kualitas tidur seseorang. Bila menyimpan HP tepat di dekat kasur maka secara tidak langsung rasa ingin kembali bermain HP akan muncul. Hal tersebut akan memicu tertundanya waktu tidur.

“Bermain HP dapat merangsang otak Anda. Dengan bermain HP walaupun hanya sebentar, Anda akan lebih aktif dan terjaga sehingga tidur akan tertunda,” jelas Ahli Obat Tidur, Michelle Drerup, dikutip dari Cleveland Clinic.

Melansir dari Cleveland Clinic, selain berdampak buruk bagi kesehatan mata, cahaya radiasi yang terdapat pada layar HP juga dapat menghambat proses produksi melatonin. Melatonin adalah hormon pemicu tidur. Selain itu, paparan radiasi dapat memengaruhi jam tubuh dan mengacaukan ritme sirkadian, yang mengatur siklus tidur-bangun manusia.

Baca Juga   Ayo Nyari Duit dengan Jadi Kreator Lensa AR di Snapchat

Terdapat sejumlah cara untuk menghindari risiko yang ditimbulkan HP saat tidur, sejumlah di antaranya adalah membatasi waktu bermain HP secara keseluruhan, menjadikan tempat tidur sebagai zona bebas HP, mengaktifkan mode malam hari agar notifikasi tidak mengalihkan pikiran ketika hendak tidur, hingga mengatur pencahayaan HP menjadi level paling rendah. ***