Minang Geopark Run, Pembuka West Sumatera Tourism 2023

Avatar Of Teddy Chaniago
3. Silokek.jpg | Buliran.com

BuliranNews, JAKARTA– Sektor pariwisata adalah sektor yang benar-benar diharapkan mampu mengangkat perekonomian masyarakat yang masih terpuruk imbas pandemi Covid-19. Dengan pariwisata, tak hanya perekonomian masyarakat yang terkerek, pun mendekatkan masyarakat setempat dengan para pelaku pariwisata.

Apalagi, Sumatera Barat tahun depan telah mencanangkan tahun kunjungan wisata. Tentunya ini sebuah bentuk keseriusan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat untuk kembali memperlihatkan keajaiabn pariwisata Ranahminang yang tiada tara.

Minang Geopark Run 2022 yang akan dihelat di kawasan Geopark Silokek, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat pada 4 Desember 2022 mendatang, jelas sebuah langkah awal dalam menyambut tahun kunjungan wisata itu.

“Minang Geopark Run 2022 adalah langkah awal dari agenda besar menyambut tahun kunjungan wisata Sumatera Barat 2023. Saya menyambut baik ivent ini, semoga kedepan akan semakin banyak pariwisata di Sumatera Barat yang diperkenalkan kepada masyarakat luar,” kata Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah pada press confrence Minang Geopark Run 2022 di Balairung Hotel, Jakarta.

1. Keindahan Desa Di Dalam Lembah Geopark Silokek | Buliran.com

Pemprov Sumbar lanjut Pak Gubernur yang akrab disapa Buya ini, tentunya akan memberikan dukungan penuh kepada Pemkab Sijunjung sebagai tuan rumah pelaksanaan ivent tersebut.

Bupati Sijunjung, Benny Dwipa Yuswir menyebutkan, ivent Minang Geopark Run 2022 yang digelar di Silokek adalah langkah maju untuk lebih memperkenalkan keindahan Silokek.

“Insyaallah, melalui Minang Geopark Run 2022, kami siap jadi pelopor pariwisata Sumatera Barat. Apalagi, Silokek telah masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata dari pemerintah pusat,” imbuhnya.

YV Trisaputra selaku ketua panitia pelaksana, menargetkan Minang Geopark Run 2022 dihadiri sedikitnya 500 peserta dari luar daerah sehingga gaungnya kian menggema.

“Untuk peserta dalam daerah tentu jumlahnya tidak kami batasi,” ujarnya.

Baca Juga   Bertingkat 7, Pesona Air Terjun Temburun dari Anambas

Ivent sport tourism di Silokek, kata Yv akan mengambil titik star di kantor Bupati Sijunjung dan finish di kawasan wisata Silokek.

Minang Geopark Run 2022 dibagi atas 4 kategori yaitu Ultra Marathon 55K, Relay Dua 55K, Relay Emapt 55 K dan Single Run 13K.

“Untuk kategori Ultra Marathon, Relay Dua dan Relay Empat, rutenya melalui kantor bupati – perkampungan adat Sijunjung – Tanah Badantuang – Lansek Manih – Tanjuang Ampalu – Silokek. Sementara untuk kategori Single Run, rutenya adalah kantor bupati – Jalan Logas – Silokek,” kata Yv merinci.

Disebutkan pula, selain akan ada field trip untuk melihat kerajinan daerah yang dihasilkan warga Sijunjung sambil menikmati pesona kuliner masyarakat setempat, khusu untuk peserta kategori Ultra Marathon dan Relay, panitia juga menyediakan sejumlah fasilitas.

Diantaranya adalah : Transportasi Padang – Silokek p/p, Padang -Bukittinggi, Fiueld Trip, Penginapan 1 Malam, Makan Malam bersama Bupati Sijunjung, Breakfast, Slot Lari, Beyondrun Photosharing, Running Jersey dan Produk Sponsor.

Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Barat, Luhur Budianda menambahkan, geopark adalah taman bumi yang menjadi tempat sejumlah aset bumi berada seperti beragam jenis geologi sebagai warisan alam.

“Minang Geopark Run 2022 adalah salah satu cara yang dihadirkan untuk menikmati keindahan geopark sambil berolahraga dan berwisata. Ivent ini, akan menyuguhkan pengalaman berlari menembus geopark sembari menikmati keindahan alam, kuliner dan budaya setempat.

Geopark Silokek, sebagaimana diketahui jelas Budi, adalah satu dari sekian geopark di Sumatera Barat yang keberadaannya masih alami dan tersembunyi. (ted)