Bidang IT Paling Favorit dengan Gaji Tinggi? Ini Pilihannya

Avatar Of Teddy Chaniago
11. It | Buliran.com

TREN TRANSFORMASI DIGITAL yang diadopsi banyak perusahaan membuat talenta di bidang Teknologi Informasi atau TI juga semakin dicari. Terlebih, berdasarkan laporan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker), pada 2021 jumlah tenaga kerja di bidang TI secara nasional baru sekitar satu juta orang.
Kemenaker juga menyebutkan bahwa kebutuhan terhadap tenaga kerja TI diprediksi akan terus meningkat setiap tahunnya. Hal itu seiring dengan upaya pemerintah untuk fokus pada transformasi digital dalam menuju era Industri 4.0.

Jika demikian, lalu jenis pekerjaan bidang TI apa saja yang paling dicari oleh perusahaan dan bergaji tinggi? Berikut daftarnya berdasarkan data yang dikutip dari GrabJobs.

1. IT Support

Salah satu pekerjaan bidang TI yang paling diminati adalah IT Support. Profesi ini memiliki tanggung jawab untuk mengawasi sistem komputer agar dapat berjalan dengan optimal, selain itu IT Support juga harus membuat laporannya.

Di Indonesia, gaji IT support bisa mencapai Rp3,5 juta sampai Rp8 juta perbulan dengan dua hingga tiga tahun pengalaman kerja.

2. IT Maintenance

Pekerjaan TI yang paling diminati selanjutnya adalah IT Maintenance. Dalam menggeluti profesi ini, keahlian yang dibutuhkan tidak hanya mengenai perangkat lunak atau software. Namun juga keahlian perangkat keras alias hardware.

Dengan gaji Rp3,5 juta sampai Rp8 juta, seorang IT Maintenance bertanggung jawab untuk melakukan pemeliharaan dan perbaikan terhadap sistem TI yang terpasang di suatu perusahaan. Peran IT Maintenance sangat penting karena menentukan keoptimalan sistem TI suatu perusahaan.

3. Web Developer

Hampir setiap perusahaan memiliki situs web untuk menjalankan bisnisnya. Dalam pembuatan dan pengembangannya, dibutuhkan seorang Web Developer. Di Indonesia, dengan memiliki pengalaman satu tahun seorang Web Developer mampu meraup gaji sebesar Rp4 juta sampai Rp14 juta per bulan.

Baca Juga   Tolak Pesan Masuk di WhatsApp Tanpa Diblokir? Gampang Kok!

4. UI/UX Designer

UI/UX Designer adalah salah satu profesi yang paling digandrungi oleh anak muda saat ini. Seorang User Interface (UI) Designer bertugas untuk membuat suatu produk tampak optimal melalui pemilihan warna, tata letak, maupun fon. Sedangkan User Experience (UX) Designer bertanggung jawab untuk memastikan bahwa sebuah aplikasi atau situs web mudah digunakan oleh calon pengguna.

Seorang UI/UX Designer dapat memperoleh gaji sekitar Rp5 juta hingga Rp8 juta perbulan jika memiliki satu hingga dua tahun pengalaman.

5. Business Intelligence

Melalui kemampuan menguasai data mining, text mining, hingga online analytical processing, seorang Business Intelligence memiliki tanggung jawab untuk melakukan analisis dan pengolahan data hingga melakukan evaluasi terhadap data secara menyeluruh.

Kisaran gaji Business Intelligence di Indonesia adalah sekitar Rp7 juta sampai Rp9 juta perbulan dengan satu hingga dua tahun pengalaman.

6. Software Developer

Profesi bidang TI yang paling banyak diminati adalah Software Developer. Dalam suatu perusahaan, seorang Software Developer bertanggung jawab untuk melakukan riset, mendesain, mengimplementasi, hingga menguji sistem serta software.

Software Developer memiliki rentang gaji sekitar Rp7 juta sampai Rp20 juta perbulan dengan dua hingga tiga tahun pengalaman, sedangkan untuk level senior adalah Rp20 juta sampai Rp40 juta perbulan.

7. Programmer

Dengan gaji Rp8 juta hingga Rp15 juta perbulan, seorang Programmer memiliki tugas utama untuk memahami beragam macam bahasa pemrograman. Selain itu, Programmer juga harus membuat dan mengembangkan bahasa program tersebut agar sesuai dengan kebutuhan para pengguna.

8. AI/ML Engineer

Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning (ML) adalah teknologi yang berperan bagi manusia serta industri untuk mempermudah suatu aktivitas. Seorang AI/ML Engineer memiliki tugas untuk mengidentifikasi kebutuhan hingga merancang suatu sistem kecerdasan buatan sebagai solusi atas kebutuhan tersebut.

Baca Juga   Ayo Ubah Rekaman Suara Menjadi Teks di Google Docs

Rentang gaji seorang AI/ML Engineer di Indonesia adalah Rp8,2 juta hingga Rp23,6 juta perbulan.

9. Product Marketing Specialist

Product Marketing Specialist adalah salah satu profesi yang cukup populer dan paling banyak diminati. Seorang Product Marketing Specialist memiliki tanggung jawab untuk memperkenalkan produk terbaru dari perusahaannya, mulai dari aplikasi, software, dan produk-produk baru lainnya guna meningkatkan pendapatan perjualan produk.

Product Marketing Specialist dengan pengalaman kerja dua hingga tiga tahun memiliki rentang gaji sekitar Rp10,8 juta hingga Rp13,5 juta perbulan.

10. Product Manager

Salah satu profesi TI ini memiliki tugas untuk mengatur strategi, mengetahui kebutuhan calon pelanggan melalui riset pasar, mengembangkan ide suatu produk, serta memengaruhi setiap aspek terkait bagaimana produk akan dibuat dan diluncurkan.

Rentang gaji seorang Product Manager di Indonesia adalah Rp25 juta hingga Rp45 juta per bulan dengan 5 tahun pengalaman. ***