Bakar Kalori Lebih Banyak Saat Tidur? Begini Caranya!

Avatar Of Teddy Chaniago
13. Bakar Kalori | Buliran.com

MENURUNKAN berat badan memang susah-susah gampang. Tidak hanya olahraga, salah satu cara yang mungkin bisa dilakukan adalah memaksimalkan pembakaran kalori di saat tubuh beristirahat.

Mungkin banyak yang tak percaya, tapi membakar lemak dengan tidur memang benar-benar bisa terjadi. Mengutip laman Sleep Foundation, umumnya seseorang akan membakar sekitar 50 kalori per jam saat tidur. Namun, jumlah kalori yang terbakar saat tidur akan saling berbeda satu sama lain, tergantung pada tingkat metabolisme basal (BMR) masing-masing individu.

Berikut adalah sejumlah faktor yang memengaruhi jumlah kalori yang terbakar saat tidur:

1. Batasi paparan cahaya biru

Cahaya biru punya kemampuan menekan melatonin yang bisa menghambat proses tidur.

Pada dasarnya, cahaya biru ada di mana-mana, termasuk di antaranya dari sinar matahari. Namun, konsentrasi cahaya biru yang tinggi ditemukan di layar gawai dan lampu. Dengan kata lain, terlalu banyak paparan cahaya terang, terutama di malam hari, akan mengganggu kualitas tidur, termasuk berpotensi menambah berat badan.

2. Hindari tidur larut

Sejumlah penelitian menemukan hubungan antara waktu tidur dengan potensi kenaikan berat badan. Sebab, ketika kurang tidur, metabolisme tubuh akan melambat, sehingga tubuh membakar lebih sedikit energi.

Selain itu, tubuh manusia juga memiliki leptin, yakni hormon yang memberitahu Anda untuk berhenti makan. Ketika kurang tidur, kadar hormon leptin lebih rendah sehingga Anda akan makan lebih banyak.

3. Dapatkan paparan cahaya matahari pagi

Cahaya matahari pagi juga mengirimkan isyarat kuat ke otak yang membantu Anda menjaga ritme sirkadian tetap teratur. Ritme sirkadian memberikan banyak kendali atas pola tidur-bangun.

4. Tidur di kamar yang sejuk

Menjaga kamar tidur tetap sejuk menjadi salah satu kunci tidur berkualitas sehingga akan membantu tubuh membakar kalori dengan baik. Usahakan agar suhu kamar tidur berkisar di antara 17-20 derajat Celcius, atau tepat pada 18 derajat Celcius.

Baca Juga   Para Suami Harus Tahu! Kata Dokter Payudara Isri Harus Sering Diremas

5. Minum teh hijau atau chamomile sebelum tidur

Menikmati secangkir teh hijau atau teh chamomile di malam hari sebelum tidur dapat membuat tubuh lebih rileks, yang pada gilirannya akan membantu proses tidur. Tidur yang berkualitas dapat meningkatkan metabolisme basal sekaligus membakar kalori lebih banyak saat tidur.

Mengutip Eat This Not That, beberapa teh terbaik yang bisa Anda coba di antaranya chamomile, peppermint, levender, serta beberapa teh lain yang memiliki sifat sedatif.

6. Hindari asupan karbohidrat di malam hari

Karbohidrat memegang peran penting untuk membangun energi. Waktu terbaik untuk mengonsumsi karbohidrat adalah siang hari, bukan malam hari.

Ahli diet Cat Smiley menyarankan Anda untuk tidak mengonsumsi karbohidrat di malam hari. Anda juga disarankan untuk menghindari makan dengan porsi besar di malam hari. Makan di malam hari hanya akan membuat Anda sulit tertidur karena tubuh membutuhkan waktu lama untuk mencerna makanan. Usahakan untuk makan malam setidaknya 1-2 jam sebelum tidur.

7. Meditasi atau yoga

Melakukan meditasi atau yoga dapat membantu proses tidur. Yoga dan meditasi menawarkan banyak manfaat, salah satunya membuat pikiran lebih tenang.

Praktisi yoga, Mark Balfe-Taylor menyarankan Anda untuk melakukan yoga pose deaf’s man. Posisi ini dapat menenangkan sistem saraf, melepaskan ketegangan di bahu dan leher, serta memblokir stres dan menimbulkan perasaan rileks.

8. Mandi air panas

Jika Anda ingin mandi sebelum tidur, maka gunakan air panas. Air panas punya kemampuan meredakan ketegangan dan mengendurkan otot. Selain itu, mandi air panas juga dapat mengeluarkan hormon oksitosin, hormon bahagia yang menimbulkan perasaan tenang.

9. Berhubungan seks

Khusus bagi pasangan suami istri, berhubungan seks sebelum tidur dapat membantu tubuh membakar kalori lebih banyak. Studi yang diterbitkan dalam Journal of Sexual Medicine menunjukkan bahwa berhubungan seks dapat membantu tidur jadi semakin berkualitas, dan semakin tinggi pula potensi penurunan berat badan.

Baca Juga   Jangan Dibuang, Ini Manfaat Kantung Teh Bekas untuk Mata!

10. Tidur selama 7 atau 8 jam tiap malam

Tidur yang cukup dan berkualitas sangatlah penting. Pastikan kebutuhan tidur terpenuhi, yakni 7-8 jam setiap malam. Ini juga membantu metabolisme Anda terjaga sepanjang hari. ***