Bukan UI, Ternyata Kampus Terluas Ada di Sumatera

Avatar Of Teddy Chaniago
9. Kampus | Buliran.com

SELAMA ini kita selalu berasumsi kalau Universitas Indonesia adalah kampus dengan area kawasan yang terluas di Indonesia. Ternyata asumsi itu keliru, sebab luas kampus UI masih kalah jauh dengan kampus berikut.

Sebagaimana kita ketahui bersama, universitas merupakan suatu institusi pendidikan tinggi dan penelitian, yang memberikan gelar akademis dalam berbagai bidang keilmuan. Oleh karena itu, sebuah universitas pastinya memiliki berbagai rumpun ilmu yang tergabung dalam fakultas dan program studi.

Berangkat dari hal itu, tak heran universitas memiliki lahan yang besar dan luas, tidak seperti sekolah. Penasaran dengan universitas paling luas di Indonesia?

Dilansir Hops.ID melalui kanal YouTube MG Channel pada Senin, 26 September 2022, inilah daftar lima kampus paling luas di Indonesia :

5. Universitas Indonesia (UI)

9.5 Universitas Indonesia | Buliran.com

Siapa yang tidak mengenal Universitas Indonesia alias UI? Kampus bergengsi yang terletak di Depok, Jawa Barat ini memiliki daya tariknya sendiri untuk para siswa, mahasiswa, bahkan pengusaha.

Sebagai salah satu universitas top di Indonesia, tentu UI memiliki lahan yang luas. Dengan berbagai jurusan yang ada di sana, UI menempati lahan seluas 320 hektare.

4. Universitas Sumatera Utara (USU)

9.4 Usu | Buliran.com

Jika bicara mengenai universitas terpopuler di Sumatra, USU adalah jawaban paling tepat. Perguruan tinggi ini selalu menjadi incaran banyak siswa SMA sederajat di Sumatera untuk melanjutkan studinya.

USU sendiri menyediakan banyak fakultas bergengsi seperti Pertanian, Ekonomi Bisnis, Hukum, Farmasi, Kedokteran, dan lainnya.

Luas kampus USU di Padang Bulan mencapai 116 hektare sedangkan kampus USU di Kwala Bekala luasnya mencapai 300 hektare. Jika ditotal, USU memiliki lahan seluar 416 hektare.

3. Universitas Andalas (Unand)

9.3 Universitas Andalas | Buliran.com

Selain menjadi salah satu kampus terluas, perguruan tinggi ini juga merupakan kampus tertua di luar Pulau Jawa.

Baca Juga   SMAN Unggulan M.H. Thamrin Jakarta Terbaik pada UTBK 2021

Peresmian Universitas Andalas dilakukan tahun 1955 oleh Mohammad Hatta. Sebagai salah satu universitas tertua di Indonesia, Andalas pastinya memiliki banyak program studi yang terletak di tanah luas mencapai 502 hektare.

2. Universitas Riau (Unri)

9.2 Kampus Unri | Buliran.com

Perguruan tinggi ini menyediakan jenjang pendidikan dari S1 – S3. Meskipun fakultas yang ditawarkan tidak terlalu banyak, universitas ini cukup difavoritkan oleh masyarakat Indonesia.

Adapun luas universitas ini adalah 700 hektare. Untuk menyusuri setiap sudut kampus ini, tentunya kamu harus menyiapkan tenaga ekstra.

1. Universitas Sriwijaya

9.1 Unsri | Buliran.com

Ada 10 fakultas yang tersedia di perguruan tinggi ini, salah satu yang incaran calon mahasiswa baru ialah fakultas kedokteran dan ekonomi. Unsri sendiri ternyata adalah kampus terbesar di Indonesia dengan luas 712 hektare. ***