Siap Rusak Pasar Agya, Brio dan Jazz : Suzuki Siapkan Swift Sport

Avatar Of Teddy Chaniago
4.2 Swift | Buliran.com

MOBIL BARUdipastikan jadi saingan Honda Brio dan Hona Jazz diluncurkan. Suzuki luncurkan mobil baru sekelas dengan Toyota Agya di pangsa pasar. Mobil tersebut adalah Suzuki Swift, tampilan sangar dan siap melibas lawannya di pasaran otomotif.

Mobil yang generasi lama pernah berjalan di Indonesia tahun 2002an silam. Kini keluar dengan tampilan baru lagi. Kabarnya mobil ini sudah dilunurkan dan siap dibeli oleh konsumen. Tampilan gagah dan perkasa.

Meski mobil kecil, namun mobil ini dipastikan bisa libas lawannya. Soal harga kisaran Rp100 jutaan, tampilan mewah. Dari informasi yang diterima redaksi, mobil tersebut sudah meluncur di Thailand. Warga Indonesia berharap segera di bawa ke Indonesia agar masuk pangsa pasar Indonesia.

Ini adalah Suzuki Swift generasi ketiga yang mendapatkan pembaruan minor ini pertama meluncur secara global pada Mei tahun lalu dan baru sekarang mendarat di Thailand.

4. Swift | Buliran.com

Disebutkan Suzuki Swift terbaru ini menggunakan mesin berkode K12M Dualjet untuk memastikan bahwa hacthback ini memenuhi persyaratan sebagai mobil ramah lingkungan Phase 2 Thailand

Mesin berkapasitas 1.200 cc ini menyemburkan tenaga hingga 82 PS pada 6.000 rpm dengan torsi maksimal 108 Nm pada 4.400 rpm. Mesin dikawinkan dengan transmisi CVT.

Soal pembaruan memang cukup minor. Paling kentara adalah revisi di grille depannya. Meski ukuran dan bentuknya sama dengan Swift generasi tiga sebelum facelift, trim plastik yang sebelumnya ada di tengah diganti dengan krom tipis.

Untuk diketahui, di Indonesia mobil ini sempat ada beberapa tahun silam. Namun penjualannya dihentikan. Akankah mobil baru ini akan masuk lagi ke Indonesia tahun 2023?.

Mobil ini juga dibahas dalam kanal Youtube AUTO DP, yang mengulas soal spesifikasi mobil. Dalam kolom komentar sejumlah masyarakat Indonesia mengharapkan mobil segera diboyong ke Indonesia.

Baca Juga   Ganti Ban Motor Sendiri? Siapa Takut, Begini Tekniknya!

“cepet bawa ke indonesia para juragan,,ntar bekas nya biar bisa kebeli dan turun harga,” tulis akun Andry Muncek.

“Mobil impian dari SMA, Bismillah semoga masuk Indo & segera kebeli suzuki swift Amin,” tambah arin amln.

“Halo indomobil suzuki segera masuk kan di indonesia Pasti laku keras,” respon Ricky – BM.

4.3 Swift | Buliran.com

SEJARAH SUZUKI SWIFT

Nama Swift sudah digunakan oleh Suzuki sejak tahun 1983 untuk pasar ekspor dari Suzuki Cultus untuk beberapa pasar di luar Jepang.

Awalnya digunakan oleh generasi pertama Suzuki Cultus (Forsa), Swift sempat masuk ke Indonesia dalam bentuk hatchback 3 pintu secara CBU, sampai digantikan Forsa dengan bentuk 5 pintu yang di produksi lokal di Indonesia.

Nama Swift kembali digunakan oleh generasi kedua Suzuki Cultus (Esteem/Amenity/Eleny) sampai tahun 2003. Untuk pasar Amerika Utara, ada model khusus dari Swift yang juga dijual dengan nama Geo/Chevrolet Metro dan Pontiac Firefly dari tahun 1995 sampai 2000.

Muncul juga Swift+ yang merupakan rebadge dari generasi pertama Chevrolet Aveo untuk pasar Kanada, sampai akhirnya digunakan oleh Suzuki Ignis generasi pertama yang dijual sebagai Suzuki Swift untuk pasar domestik Jepang.

Pada tahun 2004, barulah muncul Suzuki Swift yang terpisah dari mobil Suzuki lainnya dan secara resmi dianggap sebagai generasi pertama.

Di Indonesia, pada awalnya Suzuki Swift generasi pertama di impor utuh dari Jepang pada tahun 2005, kemudian Suzuki Indonesia merakitnya sendiri di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mulai bulan November 2007.

Ada 4 mesin yang tersedia di pasar global (bensin: 1.3L M13A, 1.5L M15A, 1.6L M16A dan diesel: 1.3L D13A), tetapi hanya 1.5L (M15A) yang tersedia di Indonesia.

4.1 Swift | Buliran.com

Suzuki Swift generasi pertama untuk pasar Indonesia pada awalnya tersedia dalam dua tipe, yaitu GT dan GL, yang merupakan versi CBU Jepang.

Baca Juga   10 Mobil Mercedes Benz Paling Legendaris

Versi facelift dari Suzuki Swift generasi pertama yang dirakit secara lokal tersedia dalam dua tipe, yaitu tipe GT2 (dengan body kit Swift Sport) dan ST (standar).

Pada bulan Juli 2009 di acara The 17th Indonesia International Motor Show (IIMS) 2009, muncul tipe GTS dengan body kit yang berbeda dari GT2 dan knalpot yang pindah ke tengah. Pada bulan Juni 2010, tipe GT2 digantikan dengan tipe GT3.

Produksi Swift generasi pertama dihentikan pada tahun 2010 namun terus berlanjut sampai 2011 di India, 2012 di Indonesia, 2018 di China, kecuali di Pakistan yang masih memproduksi generasi pertama sejak tahun 2010 sampai sekarang.

Generasi kedua Suzuki Swift diluncurkan pada tahun 2010 (namun baru diluncurkan untuk pasar Indonesia pada bulan September 2012 di Indonesia International Motor Show), sebelumnya versi MPV dari Suzuki Swift generasi kedua, yaitu Suzuki Ertiga sudah di luncurkan lebih dulu pada bulan April 2012.

Di pasar global ada 4 pilihan mesin (bensin: 1.2L K12B, 1.4L K14B, 1.6L M16A dan diesel: D13A), tetapi di Indonesia hanya tersedia dalam 2 pilihan mesin 1.4L (K14B) dan 1.6L (M16A) untuk varian Swift Sport.

Suzuki Swift generasi ketiga diimpor dari Thailand yang tersedia dalam tipe GX dan GL. Pada bulan Juni 2013, Suzuki Swift Sport generasi kedua yang diimpor dari Jepang mulai masuk ke pasar Indonesia dan menggantikan tipe GT3 yang sudah dihentikan di generasi pertama.

Pada bulan Juni 2015, Suzuki Swift generasi kedua juga tersedia dalam tipe GS. Dan pada bulan Mei 2016, Suzuki Swift Sport generasi kedua dihentikan penjualannya. Penjualan Suzuki Swift generasi kedua di hentikan pada bulan April 2017.

Baca Juga   Anda Pecinta Mobil Sport? Ini Kami Rekomendasikan dengan Harga di Bawah Rp200 Juta

Suzuki Swift generasi ketiga di luncurkan pada tahun 2017, tetapi tidak masuk ke pasar Indonesia.

Pada generasi ini tersedia 5 pilihan mesin (bensin: K10C turbo, K12C, K12M, K14C turbo dan turbodiesel D13A).

Pada pameran GIIAS 2017, Suzuki Baleno hatchback sudah diluncurkan dan bisa dibilang merupakan penerus dari Suzuki Swift generasi kedua di Indonesia, tetapi berbeda kelas karena Suzuki Baleno hatchback ukuran body yang lebih besar dan kabinnya sedikit lebih luas di banding Suzuki Swift generasi ketiga.***