Bedakan Emas Asli dan Palsu? Gampang Kok!

Avatar Of Teddy Chaniago
5. Emas | Buliran.com

CARA membedakan emas asli dan palsu memang sulit untuk dilakukan.  Apalagi bagi orang awam, cara membedakan emas asli dan palsu tentu tak bisa sembarangan. Bahkan terkadang cara membedakan emas asli dan palsu harus dilakukan di toko emas.

Ya, emas memang jadi salah satu investasi yang kini tengah populer. Tak heran kini emas logam mulai ini begitu dinikmati. Namun Anda juga harus hari-hari lantaran kerap beredar emas asli.

Meski begitu, Anda tak perlu khawatir. Tak melulu harus membawanya ke toko perhiasan atau emas untuk mengatahui ciri emas asli. Ada beberapa cara mudah untuk mengetahui perbedaan emas asli dan palsu.

Bahkan Anda pun bisa melakukannya sendiri di rumah. Salah satu caranya adalah memanfaatkan kertas. Atau bisa juga Anda menggunakan keramik.

Ambil kertas ataupun keramik terdekat, kemudian emas digoreskan ke keramik atau kertas tersebut. Apabila emas digoreskan ke keramik atau kertas tidak menyisakan bekas, maka emas itu asli.

Nah, apabila saat digoreskan terdapat warna hitam, dapat dipastikan emas tersebut palsu. Namun, cara ini berisiko merusak emas. Selain menggosok pada kertas atau keramik, beberapa cara lain juga bisa Anda gunakan untuk mengecek emas.

Berikut cara aman membedakan emas asli dan palsu :

1. Lihat fisiknya

5.1 Fisik | Buliran.com

Perbedaan emas asli dan emas palsu dapat dilihat dari fisiknya. Emas batangan atau emas murni memiliki tanda-tanda khusus, misalnya cap yang menandakan kadar emas tersebut. Tanda yang dikenal menggunakan satuan karat dalam angka mulai dari 10k, 18k dan 24k.

Selain itu, membedakan emas asli atau palsu dengan menggosok emas ke telapak tangan maupun jari telunjuk. Apabila tidak mengalami perubahan, maka emas tersebut asli. Namun, jika warnanya menjadi pudar dan tidak seragam dapat dipastikan emas tersebut palsu.

Baca Juga   Rakyat Afrika Minta Kerajaan Inggris Kembalikan Berlian Mereka

2. Menggosok emas

 

1. Uji Emas | Buliran.com

Gosokkan permukaan emas menggunakan telapak tangan ataupun telunjuk. Apabila setelah digosok warnanya tidak seragam dan mengalami perubahan memudar, maka dapat dipastikan emas palsu. Begitupun sebaliknya.

3. Menggigit emas

5.3 Gigit | Buliran.com

Pernah melihat atlet menggigit medalinya. Nah cara ini digunakan untuk mengetahui keaslian emas. Emas termasuk logam mulia lunak maka mudah dibentuk.

Apabila penjual menawarkan emas dengan kadar tinggi, bisa dicek lunak tidaknya emas tersebut dengan mudah. Semakin tingginya kadar emas, emas akan menjadi semakin lunak.

Selain itu, dapat diketahui dengan menggigit bagian permukaan emas. Jika ada bekas gigitan yang tertinggal berarti emas asli.

4. Dekatkan dengan magnet

 

1. Mas | Buliran.com

Selanjutnya, dapat menggunakan alat tambahan seperti magnet. Umunya, emas mempunyai sifat non magnetis, jadi apabila didekatkan dengan magnet, maka emas yang diklaim asli seharusnya tidak akan menempel maupun saling tertarik.

5. Uji ensitas

5.5 Uji Ensitas | Buliran.com

Mengukur kepadatan logam menjadi salah satu hal yang rumit untuk mengetahui keaslian dari emas. Secara umum, jarang menemukan logam yang kepadatannya melebihi kepadatan emas.

Kepadatan emas murni 24 karat yaitu sekitar 19,3 g/ml, melebihi logam lainnya. Jadi, semakin tinggi kepadatan semakin murni logam mulia.

6. Meneteskan asam

5.6 Meneteskan Asam | Buliran.com

Mengecek keaslian emas melalui asam juga memerlukan kehati-hatian, karena cairan asam nitrat merupakan cairan yang cukup berbahaya bagi tubuh serta pernafasan.

Caranya sederhana, yakni hanya dengan meneteskan asam nitrat ke emas, kemudian tunggu reaksinya. Apabila emas berubah menjadi warna hijau, bisa jadi emas tersebut adalah logam yang diberi lapisan emas.

Sedangkan jika berubah menjadi warna kuning, emas tersebut adalah kuningan yang diberi lapisan emas. Selain itu, jika berubah menjadi warna susu, maka emas tersebut adalah perak yang diberi lapisan emas.

Baca Juga   Rakyat Afrika Minta Kerajaan Inggris Kembalikan Berlian Mereka

Nah, jika tidak berubah warna maka emas tersebut dapat dipastikan asli. Namun, untuk menggunakan cara ini, dipastikan didampingi oleh seorang professional ya, karena cairan ini berbahaya untuk tubuh dan pernafasan.

7. Aplikasi certiEye

5.7 Aplikasi Certieye | Buliran.com

Aplikasi CertiEye berfungsi untuk mengetahui keaslian emas batangan apakah termasuk emas asli maupun emas palsu.

8. Cek kepadatan emas

5.8 Cek Kepadatan Emas | Buliran.com

Melalui pengecekan kepadatan emas ini, maka kita dapat membedakan antara emas asli dan emas palsu. Hal tersebut karena logam emas mempunyai kepadatan yang sangat tinggi. Jadi, sangat jarang ada logam lain yang dapat menyaingi kepadatan emas.

Semakin tinggi kepadatan suatu emas, maka semakin murni emas tersebut. Nah itulah cara membedakan emas asli dan palsu yang bisa Anda coba.

Tentunya dengan mengetahui perbedaan emas asli dan palsu, Anda bisa terhindar dari penipuan. ***