Biaya Pemakaman Ratu Elizabeth II Capai Angka Rp 136,4 miliar!

Avatar Of Teddy Chaniago
10. Ratu | Buliran.com

PROSESI pemakaman Ratu Elizabeth II dikabarkan memakan biaya yang fantastis. Pemakaman Ratu Elizabeth II telah direncanakan selama bertahun-tahun dan semua upaya dikerahkan agar proses berjalan dengan lancar.

Peti mati Ratu Elizabeth II dilaporkan berlapis timah dan terbuat dari kayu oak, diyakini berasal dari Perkebunan Sandringham di Norfolk, Inggrs. Andrew Leverton dari perusahaan pembuat peti mati Leverton & Sons, mengatakan kepada The Times bahwa bahan baku tersebut sangat langka di Ingggris, mengingat kayu oak biasanya didatangkan dari Amerika.

Seremoni pemakaman kenegaraan selama satu jam telah digelar di Westminster Abbey pada Senin (19/9) pagi, yang ditetapkan sebagai hari libur nasional di Inggris. Setidaknya 500 tamu kehormatan asing dan pemimpin berbagai negara hadir langsung dalam seremoni itu.

10.1 Ratu | Buliran.com

Prosesi pemakaman juga disiarkan di berbagai saluran televisi dan penyedia layanan streaming yang bisa diakses dari seluruh penjuru dunia. Diperkirakan bahwa seremoni pemakaman kenegaraan itu kemungkinan menjadi acara kenegaraan paling mahal di Inggris yang digelar pada era modern.

Biaya pemakaman kenegaraan itu diperkirakan melebihi 8 juta poundsterling (Rp 136,4 miliar), meskipun pihak Istana Buckingham tidak pernah mempublikasikan biayanya secara resmi.

Mantan petugas keamanan kerajaan, dikutip dari New York Post, mengatakan bahwa dia yakin biaya untuk keamanannya saja menelan lebih dari 6,7 juta poundsterling atau sekitar Rp 112 miliar.

10.2 Ratu | Buliran.com

“Ini adalah operasi kepolisian terbesar yang pernah dilakukan Kepolisian Inggris,” kata Simon Morgan kepada New York Post.

Menurutnya, biaya total untuk pemakaman Ratu Elizabeth kemungkinan lebih besar dari biaya keamanan untuk Olimpiade 2012 yang diadakan di London.

Biaya pemakaman kenegaraan tersebut didanai oleh uang publik. Itu artinya para pembayar pajak yang membiayainya. ***

Baca Juga   Indonesia Mulai Ekspor Pesepakbola ke Luar Negeri