Cara Daftar BLT BBM Lewat Aplikasi Agar Dapat Bansos Rp 600 Ribu

Avatar Of Adri
Download Aplikasi Cek Bansos
download aplikasi cek bansos

PEMERINTAH telah mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) bahan bakar minyak (BBM). Jika Anda masuk dalam (DTKS) Kementerian Sosial sebagai penerima bansos maka masuk dalam penerima BLT BBM.

Anda bisa mendaftar sebagai penerima BLT BBM senilai Rp600.000 yang penyalurannya dilakukan selama empat bulan dengan rincian Rp150.000 per bulan. Penyaluran dilakukan September dan Desember.

Bansos tersebut akan berikan dalam dua tahap, per tahapnya Rp300 ribu yang berikan per September ini dan nanti pada awal Desember tahap kedua,” ujar Menteri Sosial Rismaharini dari laman Sekretariat Kabinet.

Cara daftar jadi penerima BLT BBM lewat Aplikasi

  1. Download Aplikasi Cek Bansos di Disini
  2. Klik tombol menu “Daftar Usulan” pada halaman menu
  3. Pilih tombol “Tambah Usulan”
  4. Mengisi formulir data diri sesuai dengan data Kartu Keluarga.
  5. Kemudian, pada menu “Pilih Jenis Bantuan Sosial” pilih jenis bantuan sosial (BPNT/PKH) 6. Jika NIK terdaftar di data DTKS, maka Anda harus mengunggah 2 foto, yaitu swafoto dengan KTP dan rumah tampak depan.

Pencairan BLT BBM ini akan Anda lakukan melalui tiga cara yaitu:

  • Melalui Kantor Pos terdekat
  • Melalui komunitas setempat (Kecamatan, Desa/ Kelurahan)
  • Secara langsung ke rumah penerima manfaat, jika penerima manfaat termasuk pada disabilitas, lanjut usia, atau sakit.

Proses Verifikasi Pendaftaran jadi Penerima BLT BBM:

Setiap Keluarga Penerima Manfaat atau KPM yang menerima bantuan ini akan dilakukan geo tagging rumah KPM guna menjaga validitas bantuan tepat sasaran.

Tahap verifikasi KPM dari BLT BBM ini melalui face recognition dan scan barcode cek pos digital yang terdapat pada SP KPM.

Selain itu, apabila penerima manfaat diwakili oleh keluarga, maka akan diinput Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang mewakili dan foto diri KPM atau yang mewakili.

Baca Juga   Hati-Hati Guys, Ini Sejumlah Risiko saat Memakai Aplikasi Kencan

Khusus untuk KPM difabel calon penerima BLT BBM, foto yang dilampirkan adalah foto seluruh badan. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, terimakasih semoga artikel ini bermanfaat. ***