Raja-Raja Terkaya Sepanjang Peradaban Manusia

Avatar Of Teddy Chaniago
5. Raja | Buliran.com

SAAT INI, konglomerat terkaya dunia diduduki oleh bos Tesla, Elon Musk. Namun, sebelumnya pernah ada orang yang jauh lebih kaya darinya bahkan dengan kekayaan tidak terhingga, yang ternyata adalah raja-raja di dunia pada zamannya. Berikut catatan orang terkaya sepanjang sejarah:

1. Genghis Khan

5.1 Genghis Khan | Buliran.com

Genghis khan yang memiliki nama asli Temujin merupakan seorang pemimpin atau Raja Mongol yang berkuasa hingga akhir hidupnya di tahun 1227. Di masa pemerintahannya, Kekaisaran Mongol mencapai puncak kejayaan.

Genghis Khan berhasil menaklukkan wilayah Eurasia yang meliputi Korea, China, Rusia, Eropa Timur, Persia, Asia Tenggara, hingga Timur Tengah. Dengan wilayah kekuasaan seukuran Afrika, Kaisar Mongol ini ditaksir memiliki kekayaan hingga USD100 triliun.

2. Kaisar Shenzong

5.2 Kaisar Shenzong | Buliran.com

Raja terkaya sepanjang sejarah selanjutnya adalah Kaisar Shenzong yang merupakan kaisar China pada masa Dinasti Song. Sang kaisar berhasil membawa China menguasai perekonomian dunia. Pada masa pemerintahannya di tahun 1067 hingga 1085, Kaisar Shenzong sukses menguasai 25 hingga 30 persen perekonomian dunia.

Jumlah kekayaannya digadang-gadang lebih dari USD30 triliun. Dia pintar dalam menerapkan sistem kebijakan ekonomi seperti pemungutan pajak dan membangun kesejahteraan rakyatnya.

Selain itu, kemajuan Dinasti Song dalam sektor ekonomi juga dibuktikan dengan pencetakan uang kertas pertama di dunia. Hal itulah yang membuat Dinasti Song memegang peranan perekonomian terkuat selama 319 tahun pemerintahannya, yaitu dari tahun 960 hingga 1279.

3. Akbar I

5.3 Akbar I | Buliran.com

Pria asal India ini memerintah kerajaan dengan 25% dari PDB global. Kaisar terbesar dari dinasti Mughal India, Akbar mengendalikan sebuah kekaisaran yang menyumbang sekitar seperempat dari output ekonomi global.

Chris Matthews dari Fortune mengutip almarhum sejarawan ekonomi Angus Maddison, yang berspekulasi PDB per kapita India di bawah Akbar sebanding dengan Elizabethan Inggris, tetapi dengan “kelas penguasa yang gaya hidupnya yang mewah melampaui gaya hidup masyarakat Eropa.”

Baca Juga   Deretan Mata Uang Tertua di Indonesia

4. Augustus Caesar

5.4 Augustus Caesar | Buliran.com

Augustus Caesar adalah kaisar pertama Kekaisaran Romawi Kuno yang berkuasa sejak pembunuhan Julius Caesar di tahun 44 SM hingga dirinya wafat di tahun 14 M. Terlahir dari keluarga bangsawan, Augustus Caesar memiliki kekayaan pribadi yang setara dengan 20% ekonomi seluruh Kekaisaran Roma saat itu.

Bila dikonversikan ke nilai saat ini, kekayaannya mencapai USD4,63 triliun. Setelah terbunuhnya Julius Caesar, Augustus melakukan serangkaian reformasi konstitusional dan sistem moneter yang membawa Roma ke masa Pax Romana, masa keemasan imperialisme Romawi.

5. Mansa Musa

5.5 Mansa Musa | Buliran.com

Jumlah kekayaan Mansa Musa sudah tidak perlu diragukan lagi. Mansa Musa adalah seorang penguasa Kerajaan Mali di Afrika Barat pada abad 14. Raja kelahiran tahun 1280 ini terkenal dengan kekayaannya yang tak terhingga.

Pada 2012, Celebrity Net Worth menaksir kekayaan Mansa Musa yang mencapai USD400 miliar. Namun, beberapa ahli menyebutkan kekayaan sang raja tidak mungkin disebutkan dalam angka karena dia memiliki kekayaan yang tidak terhingga.

Sebagai Raja Afrika terkaya, Mansa Musa juga seorang yang dermawan. Kedermawanannya bahkan membuat perekonomian negara-negara Timur Tengah hancur. Peristiwa itu terjadi saat sang raja melakukan ibadah haji di tahun 1300-an.

Sepanjang perjalanan, Mansa Musa membagikan emas kepada setiap orang yang bertemu dengannya secara gratis. Hal tersebut membuat harga emas melonjak dan terjadi inflasi besar-besaran. (*/dce)