Ternyata 5 Orang Terkaya Dunia Ini, Dulunya Seorang Hacker

Avatar Of Teddy Chaniago
4. Hacker | Buliran.com

MENJADI hacker atau peretas ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Ternyata, beberapa tokoh terkenal di dunia yang kaya raya, pernah menjadi seorang hacker.

Hacker sendiri merupakan istilah bagi seseorang yang menggunakan komputer atau perangkat elektronik lainnya untuk mendapatkan akses tidak sah pada sebuah database. Data di dalamnya itulah yang kemudian diakses secara ilegal.

Berikut adalah orang terkaya di dunia yang pernah menjadi hacker. Siapa saja mereka?

1. Bill Gates

4.1 Bill Gates | Buliran.com

Dilansir dari Forbes, Sabtu (11/9) ada dua nama beken di daftar orang terkaya dunia yang pernah menjadi hacker. Nama pertama adalah Bill Gates, yang merupakan pendiri dari Microsoft.

Ternyata pada saat Bill Gates baru berusia 15 tahun, dia pernah ketahuan meretas komputer perusahaan besar. Lalu, sebagai akibatnya dia terpaksa berhenti menggunakan komputer selama satu tahun penuh.

Meski pernah menjadi hacker, nyatanya Bill Gates kini telah menjadi miliarder dunia. Dia bertengger di posisi 4 dalam daftar orang terkaya dunia 2022 versi Forbes dengan harta senilai US$ 129 miliar atau sekitar Rp 1.900 triliun.

2. Mark Zuckerberg

4.2 Mark Zuckerberg | Buliran.com

Nama kedua adalah Mark Zuckerberg yang memulai Facebook pada Februari 2004, ketika ia masih berusia 19 tahun di Harvard.

Mark Zuckerberg disebut pernah melakukan peretasan pada akun email dua reporter buletin kampus Harvard Crimson. Sejarah peretasan Zuckerberg pernah ‘dikuliti’ secara mendalam oleh media Business Insider.

Kini, Zuckerberg bertengger di posisi 15 dalam daftar orang terkaya di dunia. Hartanya mencapai US$ 67,3 miliar atau sekitar Rp 996 triliun.

3. Paul Allen

4.3 Paul Allen | Buliran.com

Kala itu, Paul Allen mendapatkan akses ke panduan Top 10 kode yang memberinya petunjuk bagaimana sistem operasi tersebut bekerja.

Baca Juga   Aplikasi Gratis Untuk Android & iOS: Versi Pro Saat Ini Gratis, Buruan!

Orang dengan kekayaan US$ 15,9 miliar itu ingat bagaimana dia dan pendiri Microsoft Bill Gates tidak hanya menggunakan akun administrator yang tak berizin untuk mencuri waktu untuk memakai komputer di C-Cube, tapi juga menerobos rahasia perusahaan.

4. Sean Parker

4.4 Sean Parker | Buliran.com

Meski Parker dikenal sebagai anggota kelompok peretas w00w00 di tahun 1990, dia mengaku tak terlibat terlalu dalam.

Meski begitu, Parker tampaknya memiliki punya banyak usaha untuk meretas saat remaja. Di 2010, Vanity Fair melaporkan bahwa ia tertangkap sebagai hacker saat berumur 16 tahun.

5. Steve Jobs

4.5 Steve Jobs | Buliran.com

Pendiri Apple Steve Jobs karirnya tak akan cemerlang jika tak pernah menjual Blue Boxes bersama pendiri Apple lainnya Steve Wozniak.

Blue Boxes adalah sebuah peralatan pembobol telepon agar bisa dipakai gratis. “Jika tak ada Blue Box, mungkin tak akan ada Apple,” tutur Steve bercerita mengenai biografinya. (*/vap/cic)