Indah dan Menakjubkan, Inilah 10 Air Terjun Tertinggi di Dunia

Avatar Of Teddy Chaniago
13. Air Terjun | Buliran.com

AIR TERJUN menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), adalah aliran air yang melewati jeram hingga air jatuh bebas ke dasar sungai (lereng atau lembah). Dalam Bahasa Inggris, air terjun disebut dengan Waterfall.

Air terjun yang tertinggi di Dunia ini adalah Air Terjun Angel atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Angel Falls. Air Terjun Angel yang berada di Venezuela Amerika Selatan.

Air terjun ini memiliki ketinggian 979 meter dengan air jatuh tanpa hambatan sekitar 807 meter. Ketinggian ini secara resmi ditetapkan oleh National Geography Society pada tahun 1949. Air Terjun yang tertinggi di dunia ini juga menjadi tujuan wisata yang terpopuler di Venezuela.

Berikut ini adalah daftar 10 Air Terjun Tertinggi di Dunia beserta ketinggian dan lokasinya:

1. Air Terjun Angel (Angel Falls)

13.1 Air Terjun Angel Indah | Buliran.com

Air terjun yang berada di Taman Nasional Canaima, Venezuela, Amerika Selatab ini, memiliki ketinggian  979 meter atau 3.212 kaki. Air terjun yang kerap disebut Angel Falls ini, mengaliri Sungai Rio Caroni.

2. Air Terjun Tugela (Tugela Falls)

13.2 Air Terjun Tugela | Buliran.com

Hanya berbeda 31 meter, air terjun tertinggi nomor dua adalah Air Terjun Tugela yang memiliki ketinggian 948 meter atau 3.110 kaki. Sebagaimana namanya, Air Terjun Tugela memang berasal dari aliran Sungai Tugela. Tugela Falls berada di kawasan Taman Nasional Natal di Afrika Selatan, Benua Afrika.

3. Air Terjun Cataratas las Tres Hermanas (Three Sisters Falls)

13.3 Air Terjun Cataratas Las Tres Hermanas | Buliran.com

Dengan ketinggian 914 meter atau 3.000 kaki, Air Terjun Cataratas las Tres Hermanas berada di posisi selanjutnya. Air Terjun yang kerap disebut dengan nama Three Sisters Falls ini berada di Ayacucho, Peru, Amerika Selatan.

4. Air Terjun Olo’upena (Olo’upena Falls)

Baca Juga   Pesona Danau Semayang, Rumahnya Pesut Mahakam

13.4 Air Terjun Oloupena | Buliran.com

Selanjutnya adalah Air Terjun Olo’upena yang memiliki ketinggian 900 meter atau 2.953 kaki. Air Terjun yang disebut juga dengan nama Olo’upena Falls ini berada di Molokai, Hawaii, Amerika Serikat atau tepatnya di Kawasan Oceania.

5. Air Terjun Yumbilla (Yumbilla Falls)

13.5 Air Terjun Yumbilla | Buliran.com

Di posisi kelima ada Air Terjun Yumbilla yang memiliki ketinggian 896 meter atau 2.938 kaki. Air Terjun Yumbilla atau Yumbilla Falls berada di daerah Amazon, Peru atau di kawasan Amerika Selatan.

6. Air Terjun Vinnufossen (Vinnufossen Falls)

13.6 Air Terjun Vinnufossen | Buliran.com

Di Eropa juga ada air terjun dengan tinggi menjulang yaitu Air Terjun Vinnufossen dengan ketinggian 860 meter atau 2.822 kaki. Air Terjun Vinnufossen Falls (nama lainnya) mengaliri Sungai Vinnu dan berlokasi di Sunndal, More Og Romsdal, Norwegia atau di Benua Eropa.

7. Air Terjun Balaifossen (Balaifossen Falls)

13.7 Air Terjun Balaifossen | Buliran.com

Masih dari Negara Norwegia, juga terdapat air terjun dengan ketinggian luar biasa. Ya, Air Terjun Balaifossen dengan ketinggian 850 meter atau 2.788 kaki, Air Terjun Balaifossen atau Balaifossen Falls mengaliri Sungai Balai yang berada di wilayah Ulvik, Hordaland, Norwegia, Benua Eropa.

8. Air Terjun Pu’uka’oku (Pu’uka’oku Falls)

13.8 Air Terjun Puukaoku | Buliran.com

Di posisi kedelapan ada Air Terjun Pu’uka’oku yang memiliki ketinggian 840 meter atau 2756 kaki. Air Terjun Pu’uka’oku
berada di kawasan Molokai, Hawaii, Amerika Serikat, tepatnya di kawasan Oceania.

9. Air Terjun James Bruce (James Bruce Falls)

13.9 Air Terjun James Bruce | Buliran.com

Selanjutnya Air Terjun James Bruse dengan ketinggian 840 meter atau 2755 kaki. Air Terjun James Bruce tepatnya berada di kawasan Princess Louisa Provincial Marine Park, Kanada, Amerika Utara.

10. Air Terjun Browne (Browne Falls)

13.10 Air Terjun Browne | Buliran.com

Di posisi terakhir adalah Air Terjun Browne di Selandia Baru. Air terjun ini memiliki ketinggian 836 meter atau 2744 kaki. Air Terjun Browne Falls berada di kawasan Taman Nasional Fiordlands, South Island, New Zealand, Oceania. ***