Tips  

Cek Kadar Gula Darah Sendiri? Bisa Kok! Begini Caranya

Avatar Of Teddy Chaniago
1. Kadar | Buliran.com

SEMUA orang pastinya dituntut untuk senantiasa menjaga kesehatan tubuhnya. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan rutin mengecek kadar gula darah dalam tubuh. Mengecek kadar gula darah tersebut bertujuan untuk mengetahui berapa besar gula darah yang ada di dalam tubuh kita.

Apabila darah kita telah melewati batas normal, maka diperlukannya penanganan secara serius agar tidak terserang penyakit-penyakit berbahaya.

Namun sebagian orang enggan melakukan cek kadar gula darah, karena biasanya cek gula darah diharuskannya kita ke rumah sakit dan mengeluarkan beberapa biaya tertentu.

Dilansir dari kanal YouTube dr Vania Utami yang merupakan seorang vlogger kesehatan, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek kadar gula darah dari rumah.

Hal awal yang harus dilakukan yaiut mempersiapkan alat-alat untuk mengecek kadar gula darah, diantaranya alat ukur, lancet atau jarum, lancet device, test strips, dan alkohol swab. Lalu hal yang dilakukan selanjutnya yaitu suntikkan kulit dengan lancet atau jarum ke dalam kulit.

Sebagian orang pasti memiliki ketebalan kulit yang berbeda-beda, maka gunakanlah lancet atau jarum yang sesuai dengan ketebalan kulit. Saat mengecek kadar gula darah menggunakan jarum atau lancet disarankan menggunakannya sekali saja. Hal tersebut agar bisa menghindari infeksi di kulit.

“Karena kalau dipakai 2-3 kali akan menyebabkan jarum tumpul dan sakit, dan dapat menyebabkan infeksi,” terang dr. Vania Utami.

Berikut langkah-langkah yang dilakukan untuk mengecek kadar gula darah dalam tubuh:

  • Cuci tangan dengan air hangat dan pastikan tangan bersih dari kotoran dan noda.
  • Gunakan chip dan tes strips untuk alat ukur gula darah.
  • Oleskan sisi jari yang ingin ditusukkan menggunakan jarum atau lancet dengan alkohol.
  • Ketika jarum atau lancet sudah ditusukkan ke jari, maka teteskan darahnya ke test strips untuk melihat kadar gula darah dalam tubuh.***
Baca Juga   Kirim Chat WhatsApp ke Nomor Sendiri? Begini Caranya!